spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Imbas Harga Cabai Naik, Pedagang Makanan di Malang Kurangi Takaran

KNews – Imbas harga cabai naik, pedagang makanan di Malang kurangi takaran. Naiknya harga sejumlah jenis cabai membuat masyarakat harus menyiasati pembeliannya.

Beberapa pedagang makanan yang mengandalkan rasa pedas dari cabai, pun harus mengurangi takarannya.

- Advertisement -

Penjual nasi lalapan Nyoman Idawati mengungkapkan, ia terpaksa mengurangi takaran cabai di sambal pada jualannya.

Bahkan perempuan yang berjualan di Kelurahan Lowokwaru ini terpaksa juga mengurangi pembeliannya, agar tak merogoh kocek biaya produksi lebih dalam.

- Advertisement -

“Ini beli dari setengah kilo jadi seperempat saja. Nggak berani ambil banyak-banyak, tingkat kepedasannya ya berkurang,” kata Nyoman Idawati, saat membeli cabai rawit di Pasar Besar Malang, pada Kamis (9/6/2022).

Langkah ini terpaksa harus dilakukan Idawati demi mengurangi pengeluaran. Pasalnya selain harga cabai yang naik, harga telur dan bawang merah juga mengalami kenaikan signifikan.

- Advertisement -

“Ya sangat memberatkan apalagi saya kan jualan nasi jadi yang pengaruh itu kenaikan telur dan cabai. Mau nggak mau ukurannya dikurangi telurnya,” kata dia.

Kenaikan harga tiga komoditas pangan juga membuat omzet pendapatannya menurun 20 persen. Tetapi ia tak merinci detail seberapa besar penurunan pendapatannya.

Sementara itu Yuli Rachmawati, ibu rumah tangga juga dibuat terkejut dengan kenaikan sejumlah jenis cabai. Hal ini membuatnya mengurangi tingkat konsumsi cabai di rumahnya, kendati anggota keluarga di rumah menyukai masakan pedas.

“Kalau untuk ibu rumah tangga kerasa. Kalau cabai kan biasanya untuk stok saja, nggak dijual. Kebetulan orang rumah itu suka pedas semua, biasanya beli setengah kilogram, ini tadi beli seperempat,” tutur dia.

Ia menyayangkan adanya kenaikan harga bahan pangan yang beriringan. Pasalnya dikatakan Yuli, selain cabai harga telur juga menyentuh angka Rp 30.000 per kilogram. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini