spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Ilmuwan Asing: Industri Tambang Indonesia, Penghancur Hutan Terbesar!

KNews.id- Peneliti asing mengungkapkan Indonesia merupakan satu dari empat negara yang bertanggung jawab atas penghancuran hutan tropis terbesar sejak 2000 hingga 2019. Tanggungjawab itu mereka ungkap dalam penelitian yang diterbitkan pada 12 September 2022 di Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini. Dalam penelitian itu, Indonesia bersama Brasil, Ghana, dan Suriname telah menjad babat hutan tropis terbesar di dunia untuk membangun industri batu bara, emas, hingga bijih besi.

Keempat negara itu total menyumbang sekitar 80 persen deforestasi untuk pertambangan. Sementara, setidaknya 70 persen deforestasi dilakukan untuk membuka lahan pertanian. Dikutip dari CNA, Selasa (13/9), secara keseluruhan ada 26 negara yang bertanggung jawab atas sebagian besar deforestasi hutan tropis dunia sejak 2000. Namun, perusakan hutan untuk industri tambang didominasi oleh keempat negara tadi.

- Advertisement -

Kerugian terbesar terjadi di Indonesia. Di negara ini, tambang batu bara di Pulau Kalimantan telah diperluas demi memenuhi permintaan bahan bakar dari China dan India. Para ilmuwan menyebut pertambangan industri juga berkembang karena meningkatnya permintaan global untuk mineral seperti tembaga, lithium, dan kobalt. Adapun mineral tersebut akan digunakan dalam teknologi energi bersih guna memerangi perubahan iklim.

Salah seorang ilmuwan dari penelitian itu Anthony Bebbington mengatakan transisi energi di sisi lain memang membutuhkan mineral dalam jumlah besar.

- Advertisement -

“Transisi energi akan membutuhkan mineral dalam jumlah yang sangat besar untuk teknologi dekarbonisasi,” kata pria yang juga seorang ahli geografi di Clark University di Massachusetts.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mempelajari citra satelit global dan data pelacakan hilangnya hutan. Selain itu, ilmuwan juga memanfaatkan informasi lokasi untuk operasi pertambangan skala industri dari dua dekade terakhir. Operasi penambangan seringkali membuka hutan.

- Advertisement -

Hal ini dilakukan untuk memberi ruang bagi perluasan lokasi ekstraksi dan fasilitas penyimpanan tailing. Tidak hanya itu, pembukaan hutan juga dilakukan untuk membangun jalan akses dan pemukiman bagi para penambang.

Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengklaim terdapat penurunan luas deforestasi netto hingga 75,03 persen, yakni mencapai 115,45 ribu hektare 2019-2020 jika dibandingkan dengan periode 2018-2019, yakni 462,46 ribu hektare.

Adapun angka deforestasi bruto 2019-2020 mencapai 119,1 ribu hektare. Turun dari 2018-2019 yang mencapai 465,5 ribu hektare. Bahkan, Menteri LHK Siti Nurbaya mengklaim laju deforestasi ini menjadi yang terendah sepanjang sejarah.

KLHK pun terus melakukan upaya untuk mencegah deforestasi, seperti Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) seluas 264 ribu hektare pada 2021.

“Untuk kegiatan RHL tahun 2021, target penanaman seluas 48.875 hektare dan target pemeliharaan seluas 215.950 hektare,” kata Siti beberapa waktu lalu.

Saat itu, ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan bibit sebanyak 136 juta batang dari 57 unit Persemaian Permanen, 973 unit Kebun Bibit Rakyat (KBR), dan 135 unit Kebun Bibit Desa (KBD). (Ade/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini