spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Holding Asuransi Diluncurkan Bulan Ini

KNews.id- Kementerian BUMN akan membentuk holding asuransi sebagai salah satu cara untuk menyehatkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Targetnya, holding asuransi akan dibentuk bulan ini. Demikian disampaikan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di DPR Jakarta.

“Bulan ini harusnya selesai,” katanya.

Dia mengatakan, pada holding ini PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) akan jadi induk.

“Bahana (induk),” katanya.

Selain pembentukan holding, Kementerian BUMN menyiapkan sejumlah skema untuk menyehatkan Jiwasraya. Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, upaya yang ditempuh ialah membentuk anak usaha Jiwasraya Putra.

Nantinya, saham anak usaha dilepas ke investor.

“Selanjutnya, kami bikin anak perusahaan, kami harapkan anaknya ini bisa dapat investasi dari luar. Kami bidik kuartal pertama bisa masuk langsung berjalan, urusan surat-surat kertas (landasan hukum) bisa beres bulan kedua,” papar Arya dalam sebuah diskusi di bilangan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Lalu, diharapkan pada awal bulan Maret, Kementerian BUMN mulai mencicil dana gagal bayar milik nasabah Jiwasraya. Diperkirakan akan ada Rp3 triliun dana awal yang akan masuk hingga Maret. Angkanya akan bertambah Rp5 triliun pada kuartal II 2020.

“Selanjutnya, bisa dibagikan bertahap uang nasabah. Kami harapkan awal Maret lah bisa dikerjakan bagi-bagi uang. Tadi dananya sekitar hampir Rp 3 triliun, masuk kuartal II jadi Rp 5 triliun,” jelas Arya.

- Advertisement -

Untuk pembagian uang untuk nasabah Jiwasraya, Arya mengatakan pihaknya akan menggelontorkan Rp 2 triliun terlebih dahulu untuk tahap awal.

“Pak Erick mengatakan, Februari-Maret bertahap. Diperkirakan sampai Rp 2 triliun bisa diberikan untuk tahap awal, beberapa nasabah yang diprioritaskan akan kami berikan, nasabah yang dalam daftar kami sangat butuh uangnya,” tutur Arya. (Ikhsan&DBS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini