spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

[HOAX atau FAKTA] Megawati: Saya Antek China Komunis, RUU HIP Harga Mati!

KNews,id- Beredar foto yang memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri berbaju merah sedang mengepalkan tangan kanannya. Pada foto itu terdapat narasi yang mengarahkan Megawati seolah mengatakan bahwa dirinya pengikut paham Komunis.

Adalah akun Facebook Oei Hong Liang Tai yang membagikan foto tersebut pada Selasa, 22 Juni 2020. Hingga tangkapan layar dibuat, unggahan foto tersebut sudah mendapat 101 komentar, 42 respons, dan 15 kali dibagikan.

- Advertisement -

Berikut narasi yang terdapat pada foto yang beredar:Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini? Happy Inspire Confuse Sad

“Saya Anak Setan…!!!

- Advertisement -

Saya antek China Komunis .!!

Saya Pki- Perjuangan..!!!

- Advertisement -

Saya Pengkhianat Nkri..!!! RUU HIP-PKI Harga mati..!!!”

Pemilik akun juga menambahkan caption pada unggahan fotonya. Berikut keterangan foto yang dibuat:

“Haiyyaa..Nih Olang. Telnyata

Makluk tdk beragama. Makar kpd Tuhan YME, Umat beragama, dan seluruh Rakyat Indonesia.

Haiyyaa..Oe.oe.”

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Megawati mengakui dirinya pengikut paham Komunis adalah salah. Foto yang disebar akun Facebook Oei Hong Liang Tai sudah diedit dengan menambahkan narasi yang tak berdasar.

Tidak ditemukan pemberitaan media arus utama bahwa Megawati pernah membuat pernyataan atau pengakuan seperti pada klaim yang dibuat akun Facebook Oei Hong Liang Tai.

Pula, melalui reverse image, foto Megawati sedang mengepalkan tangan berasal dari foto yang pernah diterbitkan oleh sejumlah media. Misalnya, pada 2014, Okezone.com mengunggah foto identik melalui artikel berjudul “Dukung DPR Tandingan, Megawati Hancurkan Rekonsiliasi Jokowi”.

Pada 2016, Okezone juga menerbitkan foto yang sama melalui artikel berjudul “Titah Mega Putuskan Calon di Pilgub DKI”. Pada kedua artikel itu sama sekali tidak memuat pernyataan Megawati terkait isu komunis.

Pada 2018, foto lebih identik juga ditemukan pada Beritasatu.com, melalui artikel berjudul “Kader PDIP Harus Respons Keinginan Megawati untuk Regenerasi Kepemimpinan” dimuat pada Minggu, 23 Desember 2018.

Artikel itu berisi tentang pendapat Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago terkait Megawati yang kala itu sempat memberikan isyarat agar dirinya diganti menjadi ketum PDIP.

Kesimpulan:

Klaim bahwa Megawati mengakui dirinya pengikut paham Komunis adalah Hoaks. Foto yang disebar akun Facebook Oei Hong Liang Tai sudah diedit dengan menambahkan narasi yang tak berdasar.

Informasi itu masuk dalam kategori jenis misleading content. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini