spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Hingga Akhir Tahun, BTN Targetkan Pertumbuhan Kredit Kisaran 9-11 Persen

KNews – Hingga akhir tahun, BTN targetkan pertumbuhan kredit kisaran 9-11 persen. Penyaluran kredit perbankan semakin bergairah hingga memasuki kuartal II 2021.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) salah satunya yang terus mencatatkan perbaikan kredit.

- Advertisement -

Hingga April 2022, bank spesialis kredit sektor perumahan ini telah menorehkan pertumbuhan kredit sebesar 6,89% secara tahunan atau year on year (YoY). Sedangkan dibandingkan akhir tahun lalu, telah meningkat 2,04% (ytd).

Haru Koesmahargyo Direktur Utama BTN mengatakan, selain didorong oleh KPR Non Subsidi, pertumbuhan kredit tersebut juga didukung oleh segmen komersial dan korporasi.

- Advertisement -

“Hal itu sejalan dengan perbaikan kondisi ekonomi dan bisnis pada sektor riil,” kata Haru pada Kontan.co.id belum lama ini.

Dengan melihat capaian hingga April ini, Haru mengatakan, BTN masih menargetkan pertumbuhan kredit pada kisaran 9%-11% sampai akhir tahun. Pertumbuhan itu akan disertai dengan perbaikan proses bisnis dan kualitas aset.

- Advertisement -

BTN optimis target kredit tercapai yang bersumber dari permintaan masyarakat maupun dukungan pemerintah seperti penyaluran kredit subsidi atau FLPP yang  jumlahnya menjadi 200.000 unit rumah. Haru bilang, secara nominal FLPP tersebut setara Rp 23 triliun.

Di samping itu, BTN juga mengembangkan ekspansi ke kelompok menengah dan milenial yang masih besar potensinya untuk penuhi kebutuhan rumah.

BTN berharap laba bersih bisa tumbuh 12% hingga 14%. Sedangkan rasio kredit bermasalah bisa dijaga di level 3,3% hingga 3,5%. Sedangkan NPL Coverage akan dipertahankan di atas 150%.

Hingga kuartal pertama 2022, BTN berhasil membukukan laba bersih senilai Rp 774 miliar. Perolehan tersebut melonjak 23,89% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya atau year on year (yoy) senilai Rp 625 miliar.  Adapun kredit perseroan di periode itu tumbuh 6,04% menjadi Rp 277,13 triliun.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kredit per April 2022 tumbuh 9,1% YoY.

Capaian ini meningkat signifikan dari Maret yang baru mencatat pertumbuhan 6,67% YoY.  Sementara sepanjang tahun ini hingga April, kredit perbankan telah tumbuh 3,69% (ytd). (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini