spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Hindari Ancaman Debt Collector, Nasabah Sebaiknya Lakukan Ini…

KNews.id- Ramai-ramai soal kelakuan debt collector pinjaman online yang telah memasuki ranah pribadi telah meresahkan masyarakat. Baru-baru ini, akun Twitter @ordinarywmnn mendapat perlakuan tidak mengenakkan dari penagih utang yang memakai foto anak dan mengeluarkan kata tidak senonoh.

Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari Asad, praktik debt collector sejatinya hanya bisa ditanggulangi dengan terus membayar cicilan. Namun untuk tips dia menyarankan agar konsumen memilih leasingfintech, atau lembaga keuangan resmi lain yang diawasi OJK.

- Advertisement -

“Kalau sudah resmi biasanya tidak terlalu seram debt collector-nya. Tapi tetap rasanya sama-sama tidak enak kalau sudah disita debt collector. Sepertinya belum ada perubahan signifikan di lapangan walaupun tidak sekasar seperti dulu,” ujar Tejasari beberapa waktu lalu.

Dia juga bercerita dari pengalaman nyata salah satu staff-nya di tahun 2020 lalu, terpaksa kehilangan motornya karena disita debt collector. Walaupun sudah menggunakan leasing resmi namun tetap tidak ada ampun, hanya karena tidak sanggup mencicil tiga kali akhirnya harus kehilangan motornya.

- Advertisement -

“Kejadian nyata pada staff aku di Bogor. Motornya diambil karena tidak bisa bayar 3x cicilan. Jadi masih tetep seperti itu ya debt collector. Seharusnya juga pihak leasing melelang motor tersebut dan mengembalikan uang cicilan yang pernah dibayarkan nasabah. Tapi ini tidak ada,” jelasnya.

Sebelumnya, tindakan penagihan yang dilakukan debt collector pinjaman online ilegal semakin membuat resah masyarakat. Terbaru, pelaku mengambil foto dari akun WhatsApp dan mengancam mengirim santet, bahkan menyampaikan ucapan tidak senonoh.

- Advertisement -

Salah satunya pengancaman dan ucapan tidak senonoh yang dilakukan debt collector ini diungkap oleh akun Twitter @ordinarywmnn. Kasus itu bermula menerima pesan WhatsApp dari nomor tidak dikenal yang menagih utang temannya.

“Mohon ditindak atas tindakan ancaman yang dilakukan oleh Debt Collector (pinjaman online) ini. Bermula ketika saya terima chat dari nomor tidak dikenal (debt collector) yang menagih hutang TEMAN saya, dan berujung dia ancam pakai foto ~,” dikutip dari akun @ordinarywmnn, Senin (8/3). (Ade)

 

Sumber: IdxChannel

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini