spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Hensat: Jahat Betul Pemerintah Jika Dana untuk Pemilu 2024, Tidak Ada!

KNews.id- Partai-partai politik mulai mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024. Namun, ketersediaan dana dinilai jadi keniscayaan terselenggaranya Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat. Dia awalnya berbicara perhelatan Pemilu 2024 sudah dimulai sejak parpol mulai mendaftar Pemilu.

- Advertisement -

“Perhelatan proses Pemilu 2024 kan sudah dimulai kemarin, parpol-parpol sudah mulai mendaftar, ada beberapa parpol yang sudah mendaftar atau sudah ada di Senayan kemarin mendaftar, seperti PDIP, NasDem, PKS kalau nggak salah. Nanti tanggal 8 Gerindra PKB kemudian beberapa lagi akan menyusul,” kata Hensat kepada wartawan, Selasa (2/8).

Hensat menilai positif dimulainya perhelatan pemilu lantaran kepastian peralihan kepemimpinan 2024 akan terwujud. Meski begitu, menurutnya, ada poin penting lainnya, yakni dana pemilu.

- Advertisement -

“Tapi menurut saya ada satu hal yang harus juga dikawal oleh para parpol yang mendaftar di KPU sebagai peserta Pemilu, yaitu kepastian dana penyelenggaraan Pemilu 2024,” ujar dia.

Hensat menilai para wakil rakyat di DPR harus bisa mengawal ketersediaan dana tersebut. Menurutnya, pemilu tak akan terlaksana tanpa adanya dana pemilu.

- Advertisement -

“Jadi ketersediaan dana pemilu ini sebuah keniscayaan untuk mewujudkan atau terselenggaranya Pemilu 2024. Jadi ini sebetulnya yang harus dipastikan para parpol kemarin yang mendaftar,” jelasnya.

“Ya tanpa ketersediaan dana tentu akan tidak terlaksana, dan jahat betul pemerintah saat ini bila ketersediaan dana untuk Pemilu 2024 itu tidak ada atau tidak disiapkan, jahat itu, karena harusnya pemerintah yang pertama diprioritaskan adalah anggaran untuk demokrasi,” kata Hensat.

Lebih lanjut, Hensat membeberkan cara mengetahui apakah dana pemilu tersedia atau tidak. Dia menyebut pemerintah harus berani mengumumkan itu.

“Ya pemerintah harus umumkan itu. Kemenkeu atau Menkeu Sri Mulyani bisa mewakilkan pemerintah untuk menjabarkan secara gamblang dan transparan kepada publik bahwa memang uangnya tersedia. Pemerintah harus segera sampaikan ke publik bahwa anggaran itu sudah ada dan tersedia sehingga Pemilu 2024 pasti bisa dilaksanakan. Pastikan dana Pemilu 2024 itu ada dan tersedia, bukan cuma tulisan tapi memang benar benar ada,” ujar dia. (AHM/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini