spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Heboh! Sebanyak 191 WNA RRC Memakai Seragam Unik di Bandara Soetta, Ada Apa?

KNews – Sebanyak 191 WNA RRC memakai seragam unik di Bandara Soetta. Viral video beredar di aplikasi pesan singkat yang diduga keberangkatan ratusan warga negara Republik Rakyat China (RRC).

Kejadian itu sempat menarik perhatian pengunjung di Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

- Advertisement -

Dalam video berdurasi 40 detik itu menunjukan para rombongan dengan rapi berjalan menggunakan jaket yang serempak berwarna cokelat.

“Tuh liat tuh, mungkin ada ratusan ini. Pada pake jaket yang sama semua. Kayanya dari Tiongkok atau dari mana ini,” ujar seorang pria yang terekam dalam video tersebut.

- Advertisement -

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto pun buka suara terkait hal ini. Dia bahkan membenarkan bahwa rombongan WNA tersebut merupakan warga negara RCC yang akan pulang ke negaranya.

“Memang benar pada Minggu (5 Juni 2022), sekitar pukul 11.15 WIB, terdapat 191 WNA asal RRC yang kembali ke negaranya,” paparnya dalam keterangan yang diterima, Senin (6/6/2022).

- Advertisement -

Dijelaskan Tito bahwa rombongan WNA ini datang dan tinggal di Indonesia dengan menggunakan ijin tinggal yang sah yakni menggunakan visa kunjungan dan ada yang menggunakan visa tinggal terbatas (Vitas).

Adapun 191 WNA tersebut berangkat meninggalkan wilayah Indonesia dengan pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF8008 rute Jakarta-Fuzhou.

Diakui Tito, selain rombongan WNA asal RRC ini menggunakan izin masuk yang sah, dia memastikan bahwa proses pemeriksaan kepulangan ratusan WNA tersebut telah sesuai dengan SOP pemeriksaan yang ada.

“Semua WNA telah melewati pemeriksaan di Konter Pemeriksaan Imigrasi,” ungkapnya.

Sementara, terkait dengan pakaian yang digunakan dia menuturkan bahwa pakaian tersebut merupakan bagaian dari regulasi negara RRC dimana tingkat penyebaran kasus Covid-19 di negara tersebut masih cukup tinggi.

Sehingga mengharuskan warga yang pulang dari luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin.

“Hal ini bukanlah hal yang baru, dari awal pandemi terjadi warga China sudah melakukan hal yang sama”, paparnya. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini