spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Hati-hati Pembobolan Data, Ikuti Enam Tips OJK Menjaga Keamanan Rekening

KNews.id- Modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi. Melihat hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun melakukan berbagai hal untuk mengantisipasi.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan, serta menjaga kerahasiaan data pribadi.

- Advertisement -

“Waspada potensi kejahatan yang bisa terjadi seperti kloning dan skimming,” kata Sekar di Jakarta, Rabu (26/5).

Berikut enam tips untuk menjaga keamanan rekening:

- Advertisement -
  1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi.

Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

  1. Cek riwayat rekening atau saldo secara berkala.

Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut.

- Advertisement -
  1. Aktifkan fitur verifikasi dua arah.

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

  1. Perhatikan jaringan wifi.

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan wifi publik atau free wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

  1. Jaga data pribadi Anda.

Anda harus menjaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung ke siapapun, termasuk pihak bank. Ubah password secara berkala.

  1. Berhati-hati saat menggunakan ATM.

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Jika mengalami kendala, segera hubungi layanan kontak Bank yang kamu gunakan. Kamu bisa mengunjungi website resmi Bank terkait untuk mengetahui nomor teleponnya. Untuk informasi dan pengaduan konsumen sektor jasa keuangan dapat menghubungi Kontak OJK 157 melalui telepon 157, layanan whatsapp 081 157 157 157 atau melalui portal kontak157.ojk.go.id @kontak157. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini