spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Hasto PDIP Pernah Emosi Gegara Rencana Kenaikan Harga BBM di Era SBY, Banjir Sindiran: Minumnya Ludah Sendiri

KNews.id-Kenaikan harga BBM yang baru diresmikan pada Sabtu (3/9/2022) memicu beragam reaksi, walau yang dominan tentu saja kecaman untuk pemerintah.

Bukan hanya pemerintah, PDI Perjuangan juga banyak diserang sembari mengungkit jejak digital mereka semasa menjadi oposisi pemerintahan era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

- Advertisement -

Salah satunya rekaman ketika Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, pernah menyampaikan kritikannya mengenai rencana kenaikan harga BBM bersubsidi. Bahkan ia terlihat sangat emosional dan berapi-api menyampaikan kritikannya kepada pihak pemerintah.

Dalam video tersebut, Hasto menilai kenaikan BBM bukan satu-satunya cara untuk menyelamatkan APBN. Pasalnya alih-alih menyelamatkan APBN, Hasto menilai pemerintahan SBY hanya berniat untuk mencabut subsidi bagi rakyat.

- Advertisement -

“Dapat kita tangkap bahwa tujuan utama adalah mencabut subsidi untuk rakyat, itu tujuan utama pencabutan BBM,” ungkap Hasto, seperti dikutip Suara.com, Senin (5/9/2022) dari video lawaas yang kini viral lagi.

Hasto kemudian mengaitkan masalah APBN ini dengan korupsi di lingkup pemerintahan. “Dari Rp1.200 triliun APBN, 20 persennya dikorupsi,” tutur Hasto.

- Advertisement -

“Kalau Presiden SBY ini berani memberantas korupsi dalam kalangan internalnya, penghematannya Rp200 triliun, dari penghematan APBN,” sambung Hasto.

Bukan cuma masalah pemberantasan korupsi, Hasto juga menyinggung perihal banyaknya kebocoran pajak. Menurutnya bila problem ini bisa diselesaikan, maka pemerintah tidak perlu menaikkan harga BBM untuk menyelamatkan APBN.

“Kita bicara kepentingan rakyat, namanya pemerintah melindungi rakyat. Rakyat kan jelas sekarang, kalau mereka ditanya apakah setuju kalau pemerintah menaikkan (harga) BBM, pasti mereka akan menjawab tidak. Maka pemerintah harus kreatif mencari cara untuk menghemat subsidi,” pungkas Hasto.

Bahkan Hasto terlihat tidak mau berhenti menyampaikan argumentasinya ketika moderator debat sudah berusaha untuk menyela.

Sikapnya inilah yang belakangan menjadi bulan-bulanan publik. Pasalnya saat ini PDIP bersikap melempem meskipun pemerintah menaikkan harga BBM.

“Keren ini mas sekjenpdiperjuangan,” sindir akun Instagram @undercover.id yang memviralkan kembali potongan video tersebut.

“Apapun makanannya, minumnya ludah sendiri,” komentar warganet.

“Nelen ludah sendiri,” kecam warganet lain dengan narasi ledekan serupa.

“Koq sekarang diem pak? Inget rakyat pak… rakyat,” kata warganet.

“Kemana bapak ini sekarang,” ujar warganet.

“Jejak digital kerazzz ygy,” seloroh warganet lain.

“Bapak nya suruh nonton dong, siapa tau keingat kembali masa-masa indah dulu,” timpal yang lainnya.

Apa yang disampaikan Hasto sebenarnya sejalan dengan sikap PDIP secara umum ketika berada di luar lingkup pemerintahan. Namun video ini sangat disorot karena sikap Hasto yang terlihat begitu berapi-api saat memperjuangkan agar harga BBM tidak jadi dinaikkan.

Sejumlah massa menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM bersubsidi di beberapa tempat. Termasuk Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) yang menggelar demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Senin (5/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PB PMII Abdullah Syukri mengingatkan supaya pemerintah merespons tuntutan mereka dalam kurun waktu sehari atau massa yang diturunkan akan lebih banyak lagi.

“Kita tunggu respons dari pemerintah, jika lebih dari 1×24 jam tidak merespons, kami akan turunkan massa lebih besar,” tegas Syukri yang ditemui di lokasi. “Hari ini (estimasi) massa 2.000 demonstran, tapi ternyata ada 5.000 orang.” (Ach/Sr)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini