spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Hari Ini, Sebanyak 6.000 Mahasiswa dan Buruh akan Berunjukrasa!

KNews.id- Aksi unjuk rasa pada Kamis (21/4) mendatang menurut rencana akan digelar oleh Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) dan sejumlah elemen masyarakat lain seperti buruh dan komunitas.

Unjuk rasa damai akan dipusatkan di depan gedung DPR/MPR RI. Pesertanya diperkirakan mencapai 6.000 orang yang berasal dari 43 perguruan tinggi di Indonesia serta elemen lainnya.

- Advertisement -

“Iya semalam (Senin, 18/4/2022) saya bersama rekan-rekan mahasiswa dan dari beberapa aliansi dan elemen menggelar Kongres Rakyat sebagai persiapan aksi Kamis mendatang,” kata Sekjen konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Pusat, Unang Sunarno saat dihubungi Beritasatu.com, Selasa (19/4).

Ditanya mengenai keributan yang timbul hampir di setiap aksi unjuk rasa selama ini, Unang Sunarno menegaskan bahwa demonstrasi Kamis mendatang adalah aksi damai.

- Advertisement -

“Dan yang harus dicatat adalah aksi yang akan kami gelar ini adalah aksi damai. Kami akan meminimalisir terjadinya bentrokan saat aksi digelar dan berharap aksi ini tidak disusupi oleh elemen-elemen massa yang memang berupaya memprovokasi,” tandasnya.

Oleh sebab itu pada kongres yang digelar di LBH Jakarta Senin malam, kata Unang Sunarno, dibahas pula teknik pengamanan saat aksi digelar guna mencegah atau meminimalkan kemungkinan bentrok seperti aksi mahasiswa 11 April 2022 lalu.

- Advertisement -

Sunarno tidak menjelaskan lebih terperinci teknis pengamanan yang dimaksud. Ia hanya berharap aksi yang digelar 21 April 2022 bakal berjalan damai, tidak ada pihak-pihak yang menunggangi sehingga menyebabkan ricuh.

Seperti diberitakan aksi damai mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di depan Gedung DPR/MPR Senin (11/4) diwarnai aksi kekerasan dari sejumlah pengunjuk rasa yang justru bukan mahasiswa. Sebagian dari mereka melakukan tindakan kekerasan terhadap polisi lalu lintas dan aparat keamanan lainnya.

Di lokasi yang sama, pegiat media sosial sekaligus dosen UI Ade Armando dianiya sekelompok orang. Penganiayaan yang terekam video ini menjadi perhatian berbagai kalangan. Ade Armando babak belur dan harus mendapatkan perawatan serius di RS karena cedera kepala.

Menurut Unang Sunarno, KASBI juga akan melaksanakan aksi serentak pada 21 Apri 2022 mendatang di berbagai daerah.

“Khusus untuk di Jakarta kami dari KASBI akan turun sekitar 1.000 orang sedangkan AMI rencananya akan diikuti oleh 5.000 mahasiwa dari 43 perguruan tinggi di Indonesia,” katanya. (AHM/brtast)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini