spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Harga Pertamax Naik Menjadi Rp12.500, Warga Banyuwangi Menyerbu Pertalite!

KNews.id- Warga Banyuwangi ramai-ramai beralih ke pertalite imbas kenaikan harga pertamax sebesar Rp12.500 per liter, Jumat (1/4). Fenomena itu salah satunya terjadi di SPBU Sukonatar, Kecamatan Srono.

Warga antre mengisi BBM jenispertalite yang lebih murah dengan harga Rp 7.650 per liter. Akibat ini, tak sampai sehari sudah dua kali kali truk tangki menyuplai ketersediaan pertalite di SPBU setempat.

- Advertisement -

“Untuk pertalite sudah hampir habis, ini tinggal sekitar 6 ton,” kata Eka, salah satu pegawai di SPBU Sukonatar, Jumat (1/4).

Antrean kendaraan untuk membeli pertalite juga cukup padat sejak pagi.

- Advertisement -

“Banyak yang lebih memilih pertalite, soalnya pertamax kan naik,” ujar Eka.

Sementara, salah satu pengendara minibus, Rohman mengatakan ingin mendapat BBM jenis pertalite karena harga yang cukup terjangkau dibanding pertamax.

- Advertisement -

“Ya karena pertalite lebih murah daripada pertamax, apalagi sudah naik harganya,” ujar Rohman.

Dia berharap harga pertalite tetap bisa bertahan dan tidak mengikuti tren kenaikan harga pertamax.

“Biasanya kalau salah atau naik, ujung-ujungnya naik semua, tapi saya harap tidak ada kenaikan untuk pertalite,” ujarnya.

Seperti diberitakan, pemerintah resmi menaikkan harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter, mulai 1 April 2022. PT Pertamina (Persero) menyatakan harga bahan bakar minyak nonsubsidi jenis pertamax naik Rp3.500 per liter dari sebelumnya hanya Rp9.000 menjadi Rp12.500 per liter mulai 1 April 2022 pukul 00.00 waktu setempat.

“Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis bahan bakar minyak umum jenis bensin dan minyak solar yang disalurkan melalui stasiun pengisian bahan bakar umum,” kata Vice President Corporate Communications Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan yang dikutip di Jakarta. (AHM/sra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini