spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Harga Mie Instan dan Roti Bakal Naik, Imbas India Larang Ekspor Gandum

KNews – Harga mie instan dan roti bakal naik, imbas India larang ekspor gandum. Imbas dari kebijakan larangan ekspor oleh India diyakini memengaruhi harga gandum di dunia termasuk soal kenaikan harga makanan berbahan pokok gandum, karena negeri tersebut merupakan salah satu penyuplai gandum terbesar di dunia.

Setelah invasi Rusia-Ukraina pada awal tahun membuat Ukraina sebagai produsen gandum menghentikan aktivitas ekspornya ke berbagai Negara dan menjadikan kenaikan harga gandum melonjak hingga kini.

- Advertisement -

Ditambah larangan ekspor oleh pemerintah India, menjadi sentimen kuat dalam pengaruhnya terhadap melonjaknya harga gandum kembali. Hal tersebut tentu sedikit banyak bakal banyak mempengaruhi produk turunan gandum.

“Terigu, roti, mi instan dan semua produk turunannya gandum pasti nanti akan berimbas kesana,” ujar Research Associate Core Indonesia Dwi Andreas, kepada MNC Portal, Senin (16/5/2022).

- Advertisement -

Meski demikian hal tersebut kemungkinan tidak berdampak dalam waktu dekat, sebab stok gandum yang ada saat ini merupakan stok sisa yang masih ada pada belanja sebelumnya.

“Katakanlah yang sekarang ini masuk, itu sudah kontrak 6 bulan lalu. Harga nya 6 bulan yang lalu,” kata Dwi Andreas.

- Advertisement -

“Kalau berbeda harganya sudah barang tentu akan berdampak ke semua sektor yang terkait dengan gandum,” lanjutnya.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menambagkan kebijakan pemerintah India terkait larangan ekspor gandum bakal berpengaruh terhadap kondisi ekonomi dalam negeri.

Menurut Pitter hal tersebut bakal sedikit banyak mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat terhadap produk gandum ketika harga barangnya menjadi lebih mahal dari sebelumnya.

“Harga barang-barang pangan yang berbahan baku gandum akan melonjak Naik. Inflasi yg sekarang sudah meningkat kemungkinan akan melonjak Lebih tinggi,” imbuh Piter. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini