spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Hamas: Israel Gagal Memenuhi Tuntutan dalam Perundingan Idulfitri

 

KNews.id – Hamas mengatakan bahwa proposal Israel mengenai gencatan senjata dalam perang mereka di Gaza tidak memenuhi tuntutan faksi pejuang Palestina. Namun Hamas akan mempelajari tawaran tersebut lebih lanjut dan menyampaikan tanggapannya kepada mediator.

- Advertisement -

Proposal tersebut diserahkan kepada gerakan Islam Palestina oleh mediator Mesir dan Qatar pada pembicaraan di Kairo yang bertujuan untuk mencari jalan keluar dari perang dahsyat di Jalur Gaza, yang kini memasuki bulan ketujuh.

Warga mengatakan pasukan Israel terus melancarkan serangan udara di bagian tengah dan selatan Gaza pada hari Selasa, termasuk serangan terhadap rumah keluarga di Al-Nusseirat yang menewaskan 14 orang, menurut televisi Al Aqsa milik Hamas.

- Advertisement -

Serangan udara lainnya dilaporkan terjadi di Deir al-Balah di Gaza tengah dan Rafah di ujung selatan. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berulang kali mengisyaratkan rencana serangan darat di Rafah, tempat lebih dari satu juta warga sipil yang mengungsi bersembunyi, meskipun ada permintaan internasional untuk menahan diri.

Pembicaraan di Kairo, yang juga dihadiri oleh direktur Badan Intelijen Pusat AS William Burns, sejauh ini gagal mencapai terobosan untuk menghentikan perang. “Gerakan (Hamas) tertarik untuk mencapai kesepakatan yang mengakhiri agresi terhadap rakyat kami.

- Advertisement -

Meski begitu, posisi Israel tetap keras kepala dan tidak memenuhi satu pun tuntutan rakyat dan perlawanan kami,” Hamas kata dalam sebuah pernyataan menyusul proposal gencatan senjata terbaru. Dikatakan bahwa mereka akan meninjau proposal tersebut lebih lanjut dan kembali ke mediator untuk memberikan tanggapannya.

Hamas menginginkan perjanjian apa pun untuk mengakhiri serangan militer Israel, penarikan pasukan Israel dari Gaza, dan memungkinkan para pengungsi untuk kembali ke rumah mereka di wilayah kantong kecil yang padat penduduk itu.

Tujuan langsung Israel adalah untuk menjamin pembebasan sandera yang ditangkap oleh Hamas dalam serangan lintas batas pada 7 Oktober yang memicu konflik. Dikatakan bahwa mereka tidak akan mengakhiri perang sampai mereka memusnahkan Hamas, yang telah menguasai Gaza sejak tahun 2007.

Amerika Serikat berusaha keras untuk melakukan gencatan senjata, setelah meminta sekutunya Israel untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil di Gaza dan memberikan lebih banyak bantuan untuk mencegah kelaparan.

Di Washington, Wakil Presiden AS Kamala Harris bertemu dengan anggota keluarga beberapa sandera Gaza, yang mengatakan kepada wartawan bahwa mereka senang diberi tahu bahwa ada kemajuan yang dicapai namun mereka ingin melihat tindakan segera.

Jonathan Dekel-Chen, ayah dari sandera Amerika Sagui Dekel-Chen, mendesak Hamas untuk datang ke meja perundingan untuk mencapai kesepakatan penyanderaan. “Kami menunggu sekarang dan dunia menunggu Hamas untuk menyetujuinya. Itu ada di tangan mereka,” kata Dekel-Chen.

Anggota kelompok lainnya, Jonathan Polin, mengatakan dia berharap kesepakatan bisa dicapai. “Kami tidak punya pilihan selain tetap berharap,” katanya. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan 400 truk bantuan telah diizinkan memasuki Gaza pada hari sebelumnya, dan menggambarkannya sebagai jumlah terbesar sejak perang dimulai enam bulan lalu.

Dia mengatakan tawaran gencatan senjata yang baik telah diajukan kepada Hamas, dan Hamas harus menerimanya. Israel mengatakan bantuan mengalir ke Gaza lebih cepat setelah adanya tekanan internasional untuk meningkatkan akses, namun jumlah tersebut masih diperdebatkan dan PBB mengatakan jumlah tersebut masih jauh di bawah jumlah minimum untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan.

Israel menarik kembali sebagian besar pasukan daratnya dari Gaza selatan minggu ini setelah berbulan-bulan pertempuran, namun masih mengatakan pihaknya berencana melancarkan serangan terhadap Rafah, di perbatasan selatan Gaza dengan Mesir, tempat lebih dari separuh warga Gaza kini berlindung.

Sebagai salah satu tanda pertama persiapan nyata untuk serangan darat, media Israel melaporkan pada hari Selasa bahwa kementerian pertahanan Israel membeli 40.000 tenda menjelang evakuasi kota tersebut. Amerika Serikat telah memperingatkan Israel untuk tidak menyerbu Rafah karena tingginya risiko jatuhnya korban sipil dan para pejabat AS dan Israel akan bertemu langsung dalam beberapa minggu untuk membahas masalah tersebut, kata Gedung Putih pada hari Selasa.

“Saya tidak mengantisipasi adanya tindakan apa pun yang akan diambil sebelum perundingan tersebut, dan dalam hal ini saya tidak melihat adanya tindakan apa pun akan segera terjadi… Kami tetap yakin bahwa operasi militer besar-besaran di Rafah akan sangat berbahaya bagi warga sipil yang akan berada dalam bahaya,” kata Blinken kepada wartawan di Washington.

Dari 253 sandera yang ditangkap Hamas dalam serangan 7 Oktober, 133 masih disandera. Para perunding telah berbicara tentang sekitar 40 orang yang akan dibebaskan pada tahap pertama kesepakatan. Pejuang Hamas menewaskan 1.200 orang di Israel selatan dalam serangan kilat pada 7 Oktober, menurut penghitungan Israel.

Setidaknya 33.360 warga Palestina telah dipastikan tewas dalam enam bulan perang, kata Kementerian Kesehatan Gaza dalam pembaruan pada hari Selasa, dan ribuan lainnya tewas dikhawatirkan belum ditemukan di reruntuhan.

Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk di wilayah kantong tersebut adalah tunawisma dan banyak di antara mereka yang berisiko mengalami kelaparan. Tim darurat Palestina yang didukung oleh organisasi internasional menjelajahi puing-puing Rumah Sakit Al Shifa di Kota Gaza dan kota Khan Younis yang hancur di selatan setelah penarikan pasukan Israel.

Sejauh ini tim telah menemukan 409 jenazah warga Palestina yang tewas di rumah sakit dan lingkungan sekitarnya serta di Khan Younis, menurut Mahmoud Basal, juru bicara Layanan Darurat Sipil Gaza yang dikelola Hamas. Israel mengatakan Al Shifa digunakan sebagai basis pejuang, namun Hamas membantahnya.

(Zs/SND)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini