spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Hadir di Pernikahan Atta dan Aurel, Epidemiolog: Jokowi dan Prabowo tak Memberikan Contoh Baik

KNews.id- Datangnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke acara pernikahan mewah Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah menjadi sorotan. Banyak pihak membandingkan pernikahan yang disiarkan di televisi swasta tersebut dengan pesta pernikahan masyarakat biasa yang kerap dibubarkan aparat di masa pandemi COVID-19.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menyayangkan kedatangan Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke acara tersebut. Dia bahkan menyebut, adanya pesta yang dihadiri sejumlah pejabat seakan membenarkan adanya pelonggaran protokol kesehatan jika seseorang kenal dengan petinggi di Tanah Air.

- Advertisement -

“Protokol kesehatan ini berlaku tidak pandang bulu, berlaku untuk semua. Bukan karena seorang dekat dengan pejabat, publik figur sehingga bisa diberi pengecualian,” kata Dicky saat dihubungi VOI melalui pesan singkat, Senin, 5 April.

Meski melihat banyak orang yang hadir di acara pernikahan Atta-Aurel tetap menggunakan masker, namun dia menganggap ini bukanlah contoh yang patut diberikan kepada masyarakat di tengah pandemi seperti sekarang.

- Advertisement -

“Jadi ini bukan contoh yang baik di masa pandemi saat ini, karena kan dilihatnya protokol ini sepeti pilih-pilih. Apalagi, saya sempat lihat banyak acara pernikahan yang dibubarkan,” tegasnya.

Dia juga menyoroti banyaknya angka kematian akibat COVID-19 di Tanah Air. Bahkan, Dicky menyinggung angka kematian karena virus ini di hari Ahad, 4 April mencapai 427 orang.

- Advertisement -

“Dan itu mungkin salah satu yang tertinggi, itu tanda sangat serius, menurut saya dalam situasi saat ini sangat penting komitmen dan konsistensi dari semua pihak,” ungkap Dicky.

Dirinya lantas meminta adanya klarifikasi terhadap kejadian ini. Sebab, hal semacam ini harus diluruskan apalagi di tengah pandemi agar tak terjadi polemik dan saling membandingkan.

“Saya prihatin dan mudah-mudahan hal ini bisa diklarifikasi, diluruskan, serta tidak ada lagi (kejadian semacam ini, red) dalam situasi pandemi ini,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi saksi pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Pernikahan mereka berlangsung di Hotel Raffles, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu, 3 April. Dia tiba pada pukul 13.30 WIB bersama ibu negara Iriana serta Prabowo. Jokowi mengenakan jas hitam, kemeja putih dan dasi hitam. Sementara Iriana mengenakan gaun kuning.

Sementara, Menhan Prabowo tampak mengenakan jas hitam yang dipadukan dengan kemeja putih. Setelah acara tersebut, akun Twitter milik Sekretariat Negara mengunggah kegiatan yang dihadiri Jokowi. Sejumlah warganet kemudian memberikan kritiknya, salah satunya dari penulis Fiersa Besari.

“Banyak paradoks di negeri ini. Izin resepsi masyarakat dipersulit, tapi pernikahan seleb dihadiri langsung pemimpin negara,” tulis Fiersa Besari di Twitter, Ahad, 4 April. (AHM/Voi)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini