spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Habiskan Rp5 Triliun, Mal Pertama di IKN Ini Bukan Dibangun oleh Negara tapi Pihak Ini

 

KNews.id – Menghabiskan biaya investasi hingga Rp5 triliun, pusat perbelanjaan (mal) pertama di IKN ini bukan dibangun oleh negara. Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah sebuah daerah baru yang terpilih sebagai ibu kota Negara Indonesia menggantikan DKI Jakarta.

- Advertisement -

Pemindahan ibu kota negara Indonesia yang sebelumnya berada di DKI Jakarta ke IKN saat ini kian mendekati finalnya. Berbagai infrastuktur yang dibangun pemerintah telah banyak yang selesai dan mulai beroperasi sepenuhnya.

Untuk mendukung pemindahan ibu kota tersebut, berbagai faslilitas juga terus dibangun seiring dengan pembangunan infrastuktur lainnya. Salah satunya adalah mal pertama di IKN yang merupakan bagian dari superblok Pakuwon Nusantara yang dibangun oleh sebuah perusahaan swasta.

Pembangunan proyek superblok yang diberi nama ‘Pakuwon Nusantara’ ini dibangun oleh perusahaan swasta, PT Pakuwon Jati Tbk. Superblok ini nantinya akan memiliki berbagai faslitias seperti hotel, apartemen, dan mal pertama yang berdiri di IKN.

Proyek ini adalah bentuk dukungan penuh Pakuwon untuk pengoptimalan Ibu Kota Negara (IKN). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi PT Pakuwon yang sudah mendahului untuk membangun apartemen, hotel dan pusat perbelanjaan untuk mendukung keberadaan IKN.

- Advertisement -

Ditandai dengan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo yang dirangkai dengan beberapa kegiatan serupa pada 1 November 2023.

“Saya apresiasi Pakuwon menjadi pionir dalam pembangunan untuk apartemen, untuk hotel, untuk mall. Saya yakin kalau semuanya memulai dan jalan, airport­ itu selesai akan berbondong-bondong investor datang ke Nusantara,” ucap Jokowi dikutip Ayobandung.com dari ikn.go.id.

Pakuwon Nusantara sendiri memiliki lokasi yang sangat strategis berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Pembangunan superblok di IKN direncanakan terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, kondominium dan 3 hotel akan sangat menguntungkan perseroan dalam jangka panjang.

Superblok Pakuwon Nusantara sendiri berdiri pada lahan seluas 7,2 ha dan berlokasi strategis di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan tugu ‘Titik Nol’. Sedangkan biaya yang dihabiskan untuk membangun proyek besar ini menghabiskan nilai investasi sebesar Rp5 triliun.

Konsep Mal Pakuwon Nusantara ini mengusung desain teras langit dari alam terbuka yang hijau dengan pemandangan langsung ke lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung mal.

(Zs/AB)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini