spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Habib Zein Assegaf: Anies itu Teman dekat Saya, Tapi Saya Harus Adil!

KNews – Habib Zein Assegaf: Anies itu teman dekat saya, tapi saya harus adil. Habib Zein Assegaf atau populer Habib Kribo mengaku gerah dengan kelakuan Habib Rizieq sejak lama. Dia gusar karena model dakwah pemimpin FPI itu bukan dakwah yang bijaksana dan santun yang diajarkan para leluhur habaib.

Selain itu, Habib Kribo ngaku dia itu dekat lho hubungan dengan Anies-Baswedan, namun dia memilih tidak mendukung Anies demi sikap adil. Maksudnya apa ya?

- Advertisement -

Alasan lawan Habib

Habib Kribo mengungkapkan sudah lama lho dia melawan Habib Rizieq dan FPI. Perlawanannya bahkan terlacak sejak FPI berdiri pada 1998. Jadi kala itu, Habib Zein muda lantang bersuara sendiri melawan model pendekatan dakwah Habib Rizieq dan FPI.

“Saya sejak berdiri FPI itu, saya berjuang melawan, saya sendiri sampai dituduh ekstrim oleh komunitas habib. Leluhur saya sebelum Rizieq itu dakwahnya itu damai, datanglah Rizieq yang radikal, ya saya lawan,’ ujar Habib Kribo dalam perbincangan dengan Pendeta Gilbert Lumoindong yang diunggah di YouTube Habib Kribo, Selasa 18 Januari 2022.

- Advertisement -

Habib Kribo waktu muda mengakui dia keras bicara soal model dakwah Habib Rizieq yang coraknya keras.

“Saya bilang, hentikan ini. Kok agama bikin ketakutan. Saya bilang hentikan ini, saya khawatir kalau nanti jadi firaun, sulit (mengentikan)” jelasnya.

- Advertisement -

Namun karena Habib Kribo lantang berjuang sendirian. Maka suaranya tak didengar, dihiraukan oleh komunitas Habib.

Anies teman dekat

Nah selain itu, Habib Kribo ngaku lho dia itu kenal banget dengan Anies-Baswedan”>Anies Baswedan. Tapi perkenalannya itu nggak langsung serta merta dia dukung Anies total.

“Anies itu teman dekat saya, tapi saya harus adil,” ujar Habib Kribo nggak menjelaskan detail soal relasi dan adil yang bagaimana.

Nah ternyata, Habib Kribo ini mengungkapkan puncak konfliknya dengan FPI dan kelompoknya itu kala dia putuskan membela Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Habib Kribo makin dimusuhi dan dijauhi sana sini. Di kalangan komunitas Arab pendukung Anies, dia nggak diterima. Sedangkan di kalangan habaib, Habib Kribo juga dibenci karena melawan Habib Rizieq.

“Ya akhirnya banyak kumpulan benci saya sekeliling saya. Saya terisolasi, saya hilang dari komunitas Arab dibenci sana kemari. Di satu sisi di pihak Arab non habib, saya dibenci karena saya nggak dukung Anies, di kalangan habib, saya nggak dukung Rizieq, saya akhirnya melawan di rumah saja melalui Facebook,” kata dia.  (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini