spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Gus Baha Murka Gus Nur Tafsirkan Al Quran Asal-asalan

KNews – Gus Baha murka Gus Nur tafsirkan Al Quran asal-asalan. Penceramah Gus Baha dibuat murka oleh beredarnya video Sugi Nur Raharja atau dikenal Gus Nur diduga mentafsirkan Al Quran secara asal-asalan.

Video viral tersebut beredar melalui unggahan di akun TikTok @yhanshe962, saat itu tampak Gus Nur sedang berceramah dan ia tengah mentafsirkan salah satu ayat Al Quran.

- Advertisement -

Berarti ulama menurut Allah adalah bisa ular, bisa ayam, bisa kambing, bisa manusia. Yang penting takut kepada Allah,” kata Gus Nur.

Gus Baha yang menanggapi tafsiran Gusnur ini kemudian angkat suara. Gus Baha pun tak segan menyemprot Gus Nur karena asal-asalan dalam mentafsirkan salah satu ayat Al Quran.

- Advertisement -

“Kacau gak, kira-kira? Kacau. Orang membaca tafsir memakai pendapatnya sendiri itu sama dengan memesan satu tiket ke neraka,” kata Gus Baha, dikutip Hops.ID, Minggu Maret 2022.

Penceramah bernama lengkap K.H Ahmad Bahauddin ini menegaskan, tidak boleh seseorang mentafsirkan Al Quran menggunakan pemikiran sendiri. Harus menggunakan rujukan dari kitab-kitab.

- Advertisement -

“Percaya deh sama saya, kalau berani me0000ngajar tafsir. Mengajarlah dengan kita saja. Berarti kamu membaca pendapatnya Imam Suyuthi. Karena Imam Suyuthi mewakili pendapat gurunya yang nasabnya sampai ke Rasullullah,” katanya.

“Seminar tafsir tanpa kitab, mau ngomong pendapatmu atau pendapatnya Tuhan? Syariat kok menurut saya gimana gitu. Kayak perlu diislamkan lagi,” lanjutnya.

Tidak hanya Gus Baha, unggahan video Gus Nur itu pun langsung diserbu komentar warganet.

“Benarkan kata Gus Dur, akan ada masa bukan keluarga pesantren ngajinya gak jelas. Gurunya gak jelas dipanggil ustad,” kata akun @abah6**.

“Sugik itu kok ada yang ngangkat jadi ustad, emang belajarnya dimana,” kata akun @denbagus**.

“Hahaha, beginilah ulama tidak berilmu menafsirkan seenak sendiri. Malulah dengarin tuh Gus Baha,” kata akun @adamdam.

“Dengar cara ndalilnya aja dah lucu, mungkin belajar pakai tulisan ABC bukan tulisan Arab, boro-boro tajwid,” kata akun @ramane**.

Sebelumnya, Gus Nur sempat dikecam lantaran mengumandankan azan sembari meniru gonggongan anjing.

Video itu diunggah di kanal Youtube Manusia Plural dengan melampirkan keterangan “SUGIK NUR YANG SEJATI MENISTA ADZAN! GUS YAKUT, TOA, GONGGONGAN ANJING TANGKAAPP!!, 26 Februari 2022 lalu.

Belum genap 24 jam diunggah, video tersebut langsung mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini