spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Guru Besar se-Jabodetabek Akan Kumpul, Diskusi soal Indonesia yang Dinilai Sudah Krisis Etika

KNews.id – Guru Besar se-Jabodetabek akan kumpul di Gedung IMERI, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret 2024.

Dari rondon acara yang diterima KBA News, ada beberapa yang akan hadir dalam acara tersebut. Antara lain Prof. Harkristuti Harkrisnowo (UI), Prof. Hariadi Kartodiharjo (IPB University), Prof. Hafid Abas (UNJ), Prof. Franz Magnis-Suseno (STF Driyarkara), Prof. Ma’mun Murod (UMJ), Prof. Saiful Mujani (UIN Syarif Hidayatullah), Bivitri Susanti (STH Jentera) dan Usman Hamid (Univ Trisakti).

- Advertisement -

“Kepada yang kami hormati Ibu, Bapak, Saudari dan Saudara yang konsisten dalam menjaga Republik ini dan demokrasi, serta membangun negeri tanpa kenal lelah melalui jalan ilmu pengetahuan,” demikian keterangan tertulis diterima.

Seperti kita ketahui, melalui berbagai kajian, riset, dan diskusi publik dari banyak kalangan termasuk para ilmuwan dan gerakan masyarakat sipil secara inter-dan-transdisiplin, nampak bahwa Indonesia saat ini sudah berubah dari negara hukum menjadi negara kekuasaan, melalui berbagai cara, dengan segala dampaknya yang berat bagi masyarakat luas saat ini dan di masa-masa yang akan datang.

- Advertisement -

“Republik ini sedang memasuki episode krisis peradaban (etika, nilai, dll), kerapuhan sistem politik, hukum beserta institusinya, sehingga berdampak pada pelemahan bidang-bidang penting bagi publik seperti pendidikan, kesehatan, sosial-budaya dan kerusakan lingkungan, serta tidak terdukungnya kegiatan penelitian dalam bidang sains, teknologi dan humaniora. Ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia semacam mengalami stagnasi. Di saat yang sama, kebijakan-kebijakan pemerintah sering kali mengabaikan kritik dan masukan dari kaum intelektual,” jelasnya.

Oleh karena itu, masyarakat dinilai perlu mendiskusikan bersama, kemudian memberi solusi yang penting bagi pemulihan dan masa depan bangsa ini.

- Advertisement -

“Untuk itu, bersama ini kami mengundang kita semua untuk hadir pada Hari/Tanggal: Kamis, 14 Maret 2024, pukul : 10.00-13.00 WIB,” ujarnya.

(Zs/Kba)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini