spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Guntur Romli Tanggapi Polemik Khalid Basalamah

KNews – Guntur Romli tanggapi polemik Khalid Basalamah. Aktvis Nahdlatul Ulama (NU), Guntur Romli turut menanggapi polemik pernyataan dari Ustaz Khalid Basalamah yang menyebut wayang sebagai sesuatu yang haram.

Sebagaimana hebohnya pernyataan kontroversial dari Ustaz Khalid Basalamah soal budaya Jawa tersebut, Guntur Romli mengaku dicolek oleh sejumlah warganet di media sosial untuk membahas polemik itu.

- Advertisement -

Pria yang akrab dipanggil Gun Romli ini pun mempertanyakan kewarasan dari Ustaz Khalid Basalamah.

“Beberapa hari ini akun media sosial saya penuh dengan mention terkait komentar dari Khalid Basalamah yang katanya mengharamkan dan melarang wayang. Sebenarnya cukup kalimat sederhana untuk merespon ucapan saudara Khalid Basalamah itu, apa dia masih waras kok bisa-bisanya mengharamkan wayang?,” ujar Guntur Romli dalam saluran YouTube Cokro TV dikutip Hops.ID pada Selasa, 15 Februari 2022.

- Advertisement -

Guntur Romli menegaskan bahwa ujaran itu tentu sangat meresahkan. Padahal wayang sendiri merupakan budaya Jawa yang mayoritas beragama Islam.

Bahkan, tokoh NU sekaligus mantan presiden, Abdurrahman Wahid merupakan pecinta wayang.

- Advertisement -

“Saya kenal baik Gus Dur sebagai pecinta wayang apalagi wayang adalah identitas budaya Jawa, sementara Jawa mayoritas masyarakatnya beragama Islam,” kata Guntur Romli.

Selain itu wayang juga merupakan simbol atau sarana penting yang digunakan Wali Songo untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

“Wayang juga identik dengan tradisi muslim Jawa bahkan bagian dari kebanggaan karena strategi keberhasilan dakwah Islam sejak era para wali atau yang lebih dikenal ada istilah Wali Sembilan atau Wali Songo yang menggunakan dan wayang,” tuturnya.

“Menurut almaghfurllah KH Agus Sunyoto, Ketua Lesbumi (Lembaga Seniman Budayawan Muslimin) NU dalam buku Atlas Wali Songo, strategi dakwah Wali Songo melalui seni dan budaya termasuk wayang dan tembang, selain jaringan Pesantren merupakan kunci sukses penyebaran Islam di abad ke-14 masehi,” sambungnya.

Lebih lanjut politikus PSI itu pun mengaku heran dengan pernyataan dari Ustaz Khalid Basalamah yang tiba-tiba mengklaim wayang merupakan budaya haram.

“Tiba-tiba ada yang lancang menghukum wayang haram dan dilarang, jadi para wali itu menjalankan praktik yang haram? Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,” tandas Guntur Romli. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini