spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Gubernur se-Indonesia akan Membawa Air, Tanah, dan Berpakain Adat saat Berkemah di IKN, Ki Surau: Ini Anjuran dari Dukun di Solo!

KNews.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) melibatkan Gubernur seluruh Indonesia dengan membawa air, tanah dan berpakaian adat merupakan atas anjuran dukun asal Solo.

Demikian dikatakan praktisi spiritual Ki Surau dalam pernyataan kepada suaranasional.com, Ahad (13/3).

- Advertisement -

“Dukun asal Solo yang selalu memberikan kekuatan secara spiritual kepada Presiden Jokowi,” ungkapnya

Kata Ki Surau, gubernur seluruh Indonesia membawa air, tanah dan berpakaian adat daerah masing-masing saat berkemah di IKN agar mempunyai kekuatan secara spiritual.

- Advertisement -

“Ada nilai filosofinya kekuatan berbagai daerah bersatu membangun IKN,” jelas Ki Surau.

Ki Surau mengatakan, beberapa tokoh spiritual sudah melakukan ritual untuk kesuksesan pembangunan IKN.

- Advertisement -

“Keberadaan IKN menjadikan Indonesia maju,” ungkapnya.

Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia akan berkumpul di IKN, Sepaku, Kalimantan Timur (Kaltim), bersamaan dengan rencana Presiden Jokowi berkemah di titik nol IKN, pada 13 dan 14 Maret 2022. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, saat berkumpul nantinya, semua gubernur diminta membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing provinsi ke lokasi IKN.

Air dan tanah nantinya akan dimasukan ke dalam kendi bernama Kendi Nusantara yang terbuat dari tembaga. Ivan, sapaan HM Syafranuddin mengatakan, khusus untuk Kaltim, air dan tanah akan diambil dari lokasi dua kesultanan yakni Kesultanan Kutai di Lama Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Paser. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini