spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Genjot Vaksinasi, Anies Baswedan Menargetkan Jakarta Mencapai Imunitas Kolektif pada 17 Agustus 2021

KNews.id- Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menargetkan Pemprov DKI Jakarta dapat mencapai imunitas kolektif Covid-19 pada Agustus 2021. Hal itu dilakukan dengan percepatan program vaksinasi Covid-19. Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam mubes ke-1 dan milad ke-5 Forum RT-RW DKI Jakarta dengan tema Dukung Percepatan Pengendalian Covid-19 berkolaborasi dengan berbagai potensi menuju Jakarta Bangkit pada Ahad (13/6) di Putri Duyung Ancol Jakarta Utara.

“Pandemi Covid-19 bisa selesai dengan imunitas kolektif atau kekebalan komunitas melalui dua rute. Yang pertama terpapar Covid-19 kemudian jadi imun, yang kedua kena vaksinasi Covid-19 jadi imun,” ujar Anies Baswedan.

- Advertisement -

Ia mengungkapkan Pemprov DKI Jakarta ingin agar untuk mencapai imunitas kolektif lebih banyak mengambil rute vaksinasi dan bukan rute terpapar.

“Hari-hari kedepan saya minta bantuan kepada Forum RT-RW siap melindungi, menjaga, dan meningkatkan imunitas warga Jakarta. Kampanye vaksinasi digenjot sampai Agustus. 17 Agustus saat kita memproklamasikan kemerdekaan, saat itu kita proklamasikan Jakarta mencapai imunitas kolektif,” tambah Anies Baswedan.

- Advertisement -

Ia menyebutkan imunitas kolektif dapat tercapai apabila 7,5 juta penduduk sudah di vaksinasi Covid-19. Anies mengasumsikan ada 10 juta penduduk DKI Jakarta. Maka bila 75% ter-vaksinasi maka bisa dikatakan Jakarta sudah mencapai imunitas atau kekebalan kolektif.

“Per hari ini kita sudah melakukan vaksin targetnya adalah 3 juta warga. Dari target itu hingga Juni kita sudah melakukan vaksinasi 95,7% atau 2,87 juta. Tinggal 130 ribu warga maka tercapai 3 juta. Dari 3 juta perlu ditambahkan 4,5 juta. Jika 4,5 juta tercapai maka Jakarta bisa tercapai imunitas kolektif sehingga suasana lebih tenang, kegiatan ekonomi bergerak kembali, dan Jakarta bangkit kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Anies Baswedan.

- Advertisement -

Ia menargetkan kekebalan imunitas dapat tercapai dalam kurun waktu dua bulan kedepan. Anies meminta pengurus RT dan RW di DKI Jakarta dapat meyakinkan seluruh lapisan masyarakat di Jakarta untuk mau berkolaborasi mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Dalam waktu efektif dua bulan ke depan, Juni, Juli sampai 17 Agustus kita harap itu tercapai. Forum RT RW bantu memastikan semua orang di lingkungannya sudah mengikuti vaksinasi Covid-19. Masih ada orang yang khawatir (takut) di vaksinasi padahal resiko vaksinasi jauh lebih kecil daripada resiko jika terpapar langsung Covid-19 khususnya untuk para senior (lansia). Kita tunjukkan kita bisa berkolaborasi menghadapi pandemi Covid-19 ini. Pesannya lewat pantun, lanjut lagi ke kampung Bali selesainya di Kebon Pala, Ini Covid-19 lagi tinggi, yuk bantu jaga ibukota,” tandas Anies Baswedan. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini