spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Gedung Putih Membocorkan Isi Pembicaraan selama 2 Jam 17 Menit antara Biden dan Xi Jinping!

KNews.id- Gedung Putih mengungkap isi percakapan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan dalam percakapan melalui telepon selama dua jam 17 menit pada Kamis (28/7) kemarin, dua presiden berdiskusi soal meningkatnya ketegangan atas Taiwan, sengketa perdagangan yang memburuk dan upaya menjaga persaingan antara AS dengan China tetap terkendali.

“Ketegangan atas perilaku agresif dan koersif China di Indo-Pasifik menjadi agenda utama,” katanya seperti dikutip dari AFP, Kamis (28/7).

- Advertisement -

Ia menyatakan pernyataan resmi soal pertemuan Biden dan Xi Jinping akan dirilis segera. Hubungan AS dengan China belakangan ini memang meruncing. Kedua negara sekarang ini masih terjebak dalam perang dagang.

Ketegangan juga terjadi akibat masalah Taiwan. Ketegangan terbaru soal Taiwan terjadi seiring kabar Ketua DPR ASNancy Pelosi yang akan mengunjungi daerah yang diklaim Beijing sebagai bagian dari China itu.

- Advertisement -

Meskipun pejabat AS sering mengunjungi Taiwan, Beijing menganggap perjalanan Pelosi sebagai provokasi besar. Pasalnya, Pelosi masuk di urutan kedua pejabat kepresidenan AS. Mengingat posisinya itu, Pelosi dapat bepergian dengan transportasi militer.

Karena hal itu, China memperingatkan AS, Washington akan menanggung konsekuensi jika perjalanan itu itu dilanjutkan. Jenderal Mark Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan AS, mengatakan kepada wartawan bahwa jika Pelosi meminta dukungan militer, pihaknya akan memenuhinya.

- Advertisement -

“Kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan perjalanannya aman dan selamat,” katanya.

Masalah Pelosi adalah puncak gunung es. Bahkan para pejabat AS khawatir bahwa Xi sedang mempertimbangkan penggunaan kekuatan militer untuk memaksakan kendali atas Taiwan. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini