spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Gawat! Rusia Mengirim Kapal Perang ke Indonesia, Ada Apa?

KNews.id- Rusia akan menugaskan kapal perangnya menuju wilayah Indonesia pada 1 hingga 3 Desember mendatang. Hal ini untuk dimaksudkan untuk melakukan latihan bersama negara-negara ASEAN. Dalam keterangan Duta Besar Rusia untuk ASEAN, Alexander Ivanov, latihan itu akan diadakan di wilayah perairan utara pulau Sumatera. Nantinya Moskow akan menerjunkan kapal tempur penghancur anti kapal selamnya.

“Kapal anti kapal-selam besar, Admiral Panteleyev, akan menghadiri latihan itu dari sisi Rusia,” ujarnya kepada Sputnik pekan lalu, dikutip Senin (29/11).

- Advertisement -

Latihan ini sendiri diadakan untuk memperkuat kerjasama pertahanan antara ASEAN dan Rusia. Ide mengenai latihan ini sebenarnya telah dibahas dalam pertemuan Rusia-ASEAN pada 28 Oktober lalu. Dalam pertemuan itu, dibahas juga beberapa proyek kerjasama strategis antara kedua pihak.

Ivanov menambahkan bahwa latihan ini akan langsung diresmikan oleh Menhan RI Prabowo Subianto. Prabowo disebut akan meresmikannya di atas kapal Admiral Panteleyev.

- Advertisement -

“Latihan ini bertujuan untuk melatih AL Rusia dan AL ASEAN dalam bekerjasama menciptakan keamanan maritim bagi lalu lintas komersial,” tambahnya.

Rusia sendiri diketahui telah berhubungan erat dengan ASEAN semenjak 1996. Pada 2016 lalu, hubungan antar kedua pihak dinaikkan ke status kerjasama strategis. Ini ditandai dengan penandatanganan deklarasi dan rencana aksi bersama di Sochi. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini