spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Ganjar Pranowo Bakal Antar Langsung Gugatan Sengketa Pilpres ke MK

 

KNews.id –  Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, akan mendaftarkan langsung gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Insyaallah (ikut mengantarkan laporan ke MK),” kata kandidat dari koalisi PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura itu.

- Advertisement -

Ganjar menyampaikan hal tersebut di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Selatan pada Rabu, 20 Maret 2024. Dia baru saja usai berbuka puasa bersama dengan pasangan calon wakil presidennya, Mahfud Md, dan jajaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) serta relawan.

Menurut Ganjar, pihaknya telah siap menghadapi hasil Pilpres yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Kita sudah siap. Sudah menyiapkan banyak hal. Tim Hukum kita juga sudah siap. Maka kita akan mengikuti proses, insyaallah semua teman-teman sudah menyiapkan dengan baik,” ucap mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

- Advertisement -

Diketahui, pasangan Ganjar-Mahfud berada di posisi paling terakhir dalam Pilpres 2024. Adapun pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul di posisi pertama dengan perolehan mencapai 58 persen suara nasional.

Namun, Ganjar mengatakan akan menunggu waktu yang tepat untuk melayangkan gugatan ke MK. “Insyaallah. Ya sesuai jadwalnya MK, kita ngikut saja,” kata Ganjar.

- Advertisement -

Selain itu, kata dia, pihaknya juga pada saatnya akan memberikan respons terhadap isu-isu yang muncul selama proses Pemilu dan penghitungan suara. “Maka kita akan mengikuti proses, insyaallah semua teman-teman sudah menyiapkan dengan baik. Tinggal nanti timing-nya kapan, waktunya kapan, respons-respons itu bakal kita berikan,” ucapnya.

Sementara itu, Mahfud Md menyampaikan bahwa tim hukum TPN Ganjar-Mahfud juga telah menyiapkan saksi-saksi yang akan dibawa ke MK. Dia mengungkapkan hal tersebut sudah dipersiapkan oleh Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis. “Informasinya siap sih. Kan yang menangani itu kan Pak Todung dan kawan-kawan,” ucap eks Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu.

Di hari pengumuman hasil Pemilu ini, Ganjar dan pasangan calon wakil presidennya, Mahfud Md, mengadakan buka bersama dengan Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan relawan pendukung mereka. Kepada mereka, Ganjar juga menyampaikan pesan soal pelaksanaan Pemilu 2024.

“Tetap semua jaga silaturahmi, jaga semangat. Sampaikan data, fakta, bukti, kebenaran terkait dengan Pemilu dan tentu bantu masyarakat. Itu yang paling penting,” kata Ganjar.

Adapun KPU telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara nasional untuk pemilihan presiden, pemilihan legislatif, dan dewan perwakilan daerah. Dalam ketetapan KPU, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto atau Gibran Rakabuming Raka dinyatakan unggul dalam Pilpres 2024.

Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan KPU, Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara. Kemudian, di peringkat kedua terdapat Paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin yang meraih 40.971.906 suara. Adapun Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih 27.040.878.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini