spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Ganjar Capres, GP Ansor ‘Sodorkan’ Empat Nama untuk Cawapres

KNews.id – Ketua Umum GP Ansor sekaligus politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gus Yaqut Cholil Qoumas menilai terdapat empat sosok yang dapat menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.
Ganjar telah resmi dideklarasikan jadi capres oleh partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Yaqut mengatakan sosok pemimpin dengan pengalaman dan kredibilitas yang tinggi dibutuhkan Indonesia untuk menghadapi tantangan yang besar.

- Advertisement -

“Kita bersyukur bangsa ini melahirkan banyak pemimpin sangat mumpuni dan berintegritas seperti Pak Erick Thohir, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud MD, Pak Ridwan Kamil,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Ahad (23/4).

Menteri Agama itu yakin di Pilpres 2024 keempatnya mampu jadi pemimpin.

- Advertisement -

Yaqut mengklaim empat sosok tersebut telah terbukti mengukir banyak prestasi dan juga memiliki pengalaman hingga reputasi yang tinggi bahkan hingga level internasional.

Ia lantas mencontohkan sosok Erick yang dinilai mempunyai pengalaman baik di pemerintahan atau luar pemerintahan. Yaqut menyebut Erick yang juga merupakan kader Banser dapat mengemban beberapa tugas besar negara dengan sangat baik, berkolaborasi dengan banyak pihak dan bervisi luas.

- Advertisement -

“Potensi dan keunggulan inilah yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia di tengah tantangan saat ini. Saya sangat meyakini jika beliau maju bersama Pak Ganjar maka jadi pasangan yang ideal karena ada chemistry dan bisa saling melengkapi,” ujarnya.

Sementara untuk ketiga sosok lainnya, Yaqut menilai mereka juga telah membuktikan kapasitasnya sebagai seorang pemimpin yang dapat mendampingi Ganjar.

“Beliau-beliau politisi yang matang dan juga berpengalaman di pemerintahan. Seperti Pak Sandi juga ahli ekonomi dan taktis, demikian juga Pak Mahfud sosok pemimpin senior yang berani dan bersih,” ujar Gus Yaqut.

Terkahir, Yaqut mengatakan pihaknya berharap pada Pilpres 2024 mendatang dapat melahirkan pemimpin bangsa yang berkualitas, bervisi luas dan tangguh.

“GP Ansor optimistis, Indonesia bisa maju karena memiliki banyak stok pemimpin yang berkualitas dan berpengalaman,” pungkasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan nama-nama yang cocok dan berpeluang jadi calon wakil presiden atau cawapres pendamping Ganjar Pranowo, capres dari PDIP, di Pilpres 2024.

Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masuk dalam jajaran nama tersebut.

Nama-nama pejabat itu disampaikan Jokowi kala menjawab pertanyaan wartawan mengenai siapa tokoh potensial yang cocok jadi cawapres Ganjar Pranowo.

“Kok tanya saya, banyak (yang cocok). Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga. Termasuk Pak Prabowo,” kata Jokowi usai salat Idulfitri 1444 Hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4).

Selain Ganjar, dua sosok yang bakal maju jadi capres adalah Anies Rasyid Baswedan dan Prabowo Subianto. Ketiga nama ini selalu jadi yang teratas dalam jajak pendapat lembaga survei.

Selain sosok ketiganya, saat ini nama bakal cawapres jadi bursa panas. Sosok bakal cawapres ini dinilai berpengaruh besar untuk pemenanan.

Nama-nama bakal cawapres saat ini yang sudah mengemuka selain empat nama yang disebutkan Yaqut tadi, ada pula nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Hfz/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini