spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Ganjar Beri Skor 5 Kinerja Menhan Prabowo, Anies Sebut 11 dari 100

KNews.id – Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan melayangkan pertanyaan kepada capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengenai kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Ganjar memberi skor 5, sementara Anies memberikan skor tak terduga.

Kemudian Ganjar menjawab pertanyaan Anies. Dia menyebut skor untuk pertahanan sama dengan skor yang dia berikan untuk kinerja hukum. “(Skor) Lima juga. Saya punya datanya dan kemudian akan saya sampaikan. Di meja saya sudah saya siapkan data satu per satu,” kata Ganjar.

- Advertisement -

“Soal kinerja Kemenhan, Pak Ganjar pernah menyampaikan memberikan skor 5 atas kinerja hukum, terkait pertahanan berapa skor yang diberikan?” tanya Anies kepada Ganjar dalam sesi tanya jawab antar paslon saat debat di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (7/1/2024) malam.

Lalu, Ganjar menjelaskan perlunya keajegan dalam sistem pertahanan Indonesia. “Ketika ingin bangun sistem pertahanan, maka dalam perencanaan kita tidak boleh gonta ganti. Kita mesti ajeg mesti konsisten. Kedua, kita mesti mendengarkan betul-betul dari seluruh matra, maka seluruh proses perencanaannya harus bottom up,” jelasnya.

- Advertisement -

Setelah Ganjar menjawab, Anies memberikan tanggapan. Secara umum, Anies menyoroti ihwal hak atas TNI dan Polri. Menurut Anies, dari sisi kebijakan di Kemenhan, itu terbilang parah.

“Dari sisi kebijakan, parah. Di era Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), kenaikan gaji terjadi sembilan kali, di era ini tiga kali dan akan naik nanti tahun depan karena menjelang pemilu mungkin naik gajinya. Tapi di sisi lain, kesejahteraannya tidak dipikirkan dengan serius, tukin hanya 80 persen, lihat Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, menteri-menterinya mengusahakan peningkatan tukin,” jelasnya.

Anies juga menekankan alutsista yang berisiko pada keselamatan. Lantas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut memberikan kesimpulan pada kinerja Kemenhan yang angkanya di bawah lima.  “Menurut saya skornya di bawah lima. Kalau lima, itu ketinggian, Mas Ganjar,” ujar Anies.

Kemudian, Ganjar mendapatkan kesempatan untuk memberikan tanggapan. Ganjar menyebut agar Anies tidak perlu takut untuk menyebutkan skor untuk kinerja Kemenhan menurutnya.

“Mas Anies jangan takut. Disebut saja angkanya berapa. Kayak saya loh,” tegas Ganjar.  “Sebelas, Mas. Dari 100,” jawab Anies disambut riuh suara audiens di lokasi debat. Ganjar kemudian menyebut bahwa Anies berani menyebutkan skor yang cukup di luar nalar tersebut.

(Zs/Rep)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini