spot_img
Rabu, Mei 1, 2024
spot_img

Gandeng Masyarakat Ekonomi Syariah, BEI akan Meluncurkan IDX-MES BUMN 17

KNews.id- Dalam waktu dekat Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan indeks saham syariah baru. Nantinya indeks ini akan menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dengan nama IDX-MES BUMN 17. Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menjelaskan, IDX-MES BUMN 17 nantinya akan berisi 17 saham-saham terbaik BUMN yang masuk dalam kategori efek syariah

“Insya Allah pengumumannya sudah kita lakukan di 29 Maret lalu karena tepat satu bulan setelahnya di tanggal 29 April 2021 kita berencana bersama MES nanti akan meluncurkan indeks baru ini,” ujar Hasan dalam acara Edukasi Wartawan dengan tema 1 Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah secara virtual, Rabu (7/4).

- Advertisement -

Hasan berharap, indeks baru yang akan melengkapi tiga indeks syariah lainnya akan disambut baik terutama oleh para pengelola dana, manajer investasi dan investor untuk menjadikan indeks ini sebagai alternatif investasi syariah di luar yang ada saat ini.

“Mudah-mudahan ke depannya akan banyak reksa dana atau produk ITF baru yang nanti basisnya berlandaskan indeks baru ini,” kata dia.

- Advertisement -

Dia menyebut, saham yang akan masuk IDX-MES BUMN 17 adalah 17 saham teratas baik dari sisi market size maupun likuiditasnya. Di samping itu juga saham-saham yang terseleksi tidak ada catatanvakan kewajaran transaksi dan tidak ada catatan dari sisi fundamental performa. Mengenai indeks saham syariah ke depan, BEI saat ini sedang mengolah indeks syariah yang baru khususnya indeks tematik. BEI ke depannya tetap merencanakan untuk melihat potensi menerbitkan satu indeks syariah yang baru yang bertema ESG.

“Jadi, nanti melengkapi ESG Leaders Index kita ingin memberi waktu dulu ke indeks baru yang diluncurkan tahun lalu itu dan nanti ke depan kita ingin ada ESG Syariah Leaders Index untuk melengkapi pilihan alternatif investasi yang berbasis saham syariah,” ucapnya. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini