spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Fokus Digitalisasi, BCA Syariah Bantah Isu Akuisisi oleh BTN

KNews.id – PT BCA Syariah menepis adanya isu yang beredar di masyarakat terkait rencana akuisisi perseroan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) untuk dijadikan cangkang bagi Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN atau BTN Syariah.

Menurut Presiden Direktur PT BCA Syariah, Yuni Melati Surya Ningrum, saat ini BCA Syariah tengah meningkatkan konsentrasi bisnis pada transaksi digital di tengah perkembangan industri perbankan nasional. Karena, tambah dia, kehadiran teknologi terbukti sangat membantu untuk menjangkau nasabah baru, serta meningkatkan penetrasi layanan keuangan syariah di Indonesia.

- Advertisement -

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bahwa pada dasarnya inisiatif pemerintah untuk menciptakan bank syariah nasional berskala besar merupakan langkah positif di industri perbankan, mengingat saat ini perbankan syariah masih didominasi oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

“Sampai saat ini BCA Syariah masih milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan belum ada pembicaraan apa-apa tentang (akuisisi oleh BTN) itu,” ucap Yuni dalam sebuah diskusi bertema ‘Bank Syariah Wujudkan Ekosistem Digital Andal dan Terpercaya’ di Jakarta, 12 September 2023.

- Advertisement -

Sementara itu, Direktur Teknologi Informasi BCA Syariah, Lukman Hadiwijaya mengatakan, pada semester I-2023, jumlah transaksi BCA Syariah mencapai lebih dari 6 juta transaksi, yang sebesar 63 persen diantaranya dilakukan melalui mobile banking. “Hal ini menunjukkan bahwa kemudahan transaksi layanan perbankan elektronik menjadi kebutuhan mutlak bagi nasabah,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, sejauh ini BCA Syariah secara berkelanjutan melakukan modernisasi layanan digital dengan mengembangkan berbagai fitur yang semakin mudah diakses oleh nasabah. “BCA Syariah menyadari salah satu yang menjadi perhatian dalam transformasi digital adalah faktor keamanan dalam bertransaksi,” paparnya.

- Advertisement -

Di tempat yang sama, Managing Director PT Indonesia Digital Identity (VIDA), Adrian Anware menambahkan, perkembangan teknologi digital di sektor keuangan sudah semakin memudahkan pelaku industri keuangan secara cepat dan akurat. Sebagai penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSE) yang berinduk pada Kementerian Komunikasi dan Informatika, VIDA menyediakan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital kepada individu maupun lembaga di ekosistem digital.

“VIDA telah melakukan lebih dari 1,8 juta proses verifikasi biometrik dan liveness detection, dengan proses sampai dengan 10 transaksi per detik. Produk kami digunakan oleh perusahaan teknologi digital dari berbagai industri, seperti layanan finansial, e-commerce, transportasi, telekomunikasi dan bidang kesehatan,” kata Adrian. (Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini