spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Fenomena Marak Orang Kaya Jaksel Obral Rumah, Bangunan Gratis

KNews.id-Para pemilik rumah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) banyak menjual asetnya dengan iming-iming hanya menjual tanah, bangunan ‘tak dihitung’. Kok bisa?

Di toko-toko online properti saat ini para pemasang iklan terutama rumah-rumah di kawasan elite Kebayoran Baru yang menjual hunian, tak lagi menghitung harga bangunan tapi hanya menghitung harga tanahnya saja.

- Advertisement -

Di lama Lamudi misalnya, ada rumah dengan luas tanah 764 M2 dan luas bangunan 600 M2, Kamar Tidur 5+2, Kamar Mandi 4+1, dan Swimming Pool

“Rumah hitung tanah dekat PT IKA MABES POLRI di area premium Jakarta Selatan,” tulis penjual.

- Advertisement -

Juga ada properti di lokasi di Jakarta Selatan, harga Rp 8,95 juta, dengan luas tanah 300 M2 dan bangunan 349 M2. “Rumah Tua Hitung Tanah belakang Grand lucky Radio Dalam dekat Gandaria, pondok Indah Kebayoran Baru Jakarta Selatan,” jelas pemasang iklan.

Selain itu ada properti dijual Rp 57 miliar. Sang penjual menyampaikan hanya menjual tanah, sedangkan bangunan tua tak dihitung. Fenomena ini banyak ditemukan penawaran rumah-rumah di kawasan elite.

- Advertisement -

Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Lukas Bong kepada CNBC Indonesia, Senin (3/10/22) mengatakan bahwa untuk kawasan-kawasan elite memang tipikal penjualnya seperti itu karena umumnya properti yang dijual adalah bangunan tua atau lama, bangunan yang dijual belum tentu sesuai dengan selera pembelinya.

“Fenomena itu karena bangunan tua, Kebayoran Baru, Pondok Indah seperti itu, jadi kalau bangunan nggak dihitung bangunan lebih 10-15 tahun, nggak ada selera pemilik baru,” katanya.

Namun, kata Lukas ada juga strategi menjual kawasan elite ‘hanya’ menjual hitung tanah saja, sebagian sebagai trik marketing saja. “Ada juga marketing, jadi sudah dinaikkan harga tanahnya, kecuali bangunan sudah tua sekali,” katanya. (Ach/Cnbcind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini