spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Eropa ‘Kiamat’ Mata Uang, Rupiah Libas US Dolar

KNews.id-Nilai tukar rupiah melesat melawan dolar Amerika Serikat (AS) di awal perdagangan Selasa (6/9/2022), setelah melemah tipis di awal pekan kemairn. Pergerakan rupiah masih dipengaruhi oleh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dan Solar, arah indeks dolar AS, serta pergerakan nilai tukar euro.

Melansir data Refinitiv, begitu perdagangan dibuka rupiah langsung menguat 0,17%. Apresiasi rupiah kemudian bertambah menjadi 0,28% ke Rp 14.860/US$ pada pukul 9:03 WIB.

- Advertisement -

Kemarin, euro sempat menyentuh US$ 0,9875, merosot 0,76% di pasar spot. Level tersebut merupakan yang terlemah sejak Desember 2002.

Untuk diketahui, mata uang euro secara resmi mulai digunakan dalam bentuk giral pada 1 Januari 1999. Sepanjang tahun ini euro sudah jeblok sekitar 13% melawan dolar Amerika Serikat (AS).

- Advertisement -

Sejak peluncurannya tersebut, nilai euro menurun dan menyentuh level terlemah US$ 0,8225 pada 26 Oktober 2000. Artinya mata uang 19 negara ini semakin dekat dengan rekor terlemah sepanjang sejarah. Apalagi, sejak awal 2003, euro sebenarnya tidak pernah berada di bawah level paritas (EUR 1 = US$ 1).

Jebloknya euro terjadi setelah penghentian pasokan gas ke Eropa diperpanjang. Perusahaan gas Rusia, Gazprom, sejatinya akan mengalirkan kembali gasnya ke Eropa melalui jaringan gas Nord Stream 1 pada Sabtu (3/9/2022) setelah menjalani perawatan sejak 31 Agustus.

- Advertisement -

Namun, Gazprom mengatakan bahwa mereka tidak bisa beroperasi sesuai jadwal, dan akan terhenti hingga waktu yang belum ditentukan.

“Penyaluran gas melalui Nord Stream 1 akan dihentikan sepenuhnya sampai permasalahan terkait peralatan (turbin) terselesaikan,” tulis Gazprom, seperti dikutip dariCNBC International.

Meski disebutkan sedang ada masalah turbin, tetapi banyak yang melihat penundaan tersebut sebagai langkah Presiden Vladimir Putin untuk menekan Eropa.

Jaringan Nord Stream 1 berkontribusi sekitar 35% gas di Benua Biru. Jaringan tersebut sebenarnya sudah membatasi kapasitas penyaluran hingga hanya 20% sejak Juni.

Dihentikannya penyaluran gas melalui Nord Stream 1 akan menghambat upaya negara-negara Eropa dalam mengisi kapasitas gas sebagai pasokan musim dingin. Dengan terus dihentikannya pasokan gas, harga energi menjadi meroket. Alhasil, inflasi meroket di Benua Biru akan terus tinggi.

Kurs euro pun jeblok, dan bisa memperparah inflasi. Alhasil, Benua Biru terancam mengalami resesi.

Tidak hanya Eropa, dunia juga diprediksi akan mengalami hal yang sama.

Namun, bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) yang akan mengumumkan kebijakan moneter di pekan ini membuat euro pada hari ini bangkit. Pagi ini, euro sudah menguat 0,4% ke US$ 0,9964.

ECB diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin guna meredam inflasi. Langkah agresif tersebut juga bisa membuat kurs euro menguat. Ketika euro menguat, maka tekanan inflasi juga bisa mereda.

Setidaknya langkah tersebut bisa memberikan sentimen positif ke pasar, ECB dilihat serius meredam inflasi, meski risiko resesi tetap tinggi, tetapi bisa menyelamatkan perekonomian dalam jangka panjang.

Sentimen positif tersebut membuat rupiah mampu menguat pagi ini. (Ach/Cnbcind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini