spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Erick Thohir: Di tengah Corona, Utang BUMN Jatuh Tempo di Bulan Juni 2020

KNews.id- Kementerian BUMN masih terus melakukan langkah antisipatif terkait dampak virus corona (Covid-19) yang mewabah di Tanah Air. Namun begitu, tak dipungkiri dampak tersebut terus menyasar ke berbagai sektor, termasuk keuangan negara.

Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) 1/2020 tentang Keuangan Negara dan Sistem Stabilitas Keuangan Negara, namun utang itu akan jatuh tempo dalam waktu dekat.

- Advertisement -

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, dampak wabah Covid-19 itu turut menyasar pada utang BUMN, salah satunya Garuda Indonesia yang memiliki obligasi senilai 500 juta dolar AS dan jatuh tempo Juni 2020 nanti.

“Kita ketahui bahwa industri penerbangan di mana-mana, di seluruh dunia sedang collapse ya, sedang rubuh,” kata Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI melalui telekonferensi.

- Advertisement -

Menurut Erick Thohir, sebetulnya BUMN telah memiliki jalan keluar untuk mengantisipasi dampak Covid-19 itu. Antara lain pada sektor transportasi yang bisa membuat ibadah haji dan umrah tetap diselenggarakan. Namun hal itu urung terlaksana karena pandemik Covid-19 ini menyasar kota suci Mekah.

“Garuda sempat punya jalan keluar yang sangat baik, ketika haji umrah tetap berjalan. Kita tutup beberapa penerbangan luar negeri yang sudah tidak efisien, tetapi mengutamakan penerbangan dalam negeri. Awalnya baik, tetapi karena sekarang ditutup semua, sudah tentu menjadi cashflow-nya sangat negatif,” jelasnya.

- Advertisement -

Selain itu, Badan Urusan Logistik (Bulog) pun menghadapi tekanan utang jangka pendek akibat keterbatasan kas dan penumpukan inventarisasi. Di mana kas jangka pendek tersebut berasal dari Himpunan Bank Milik Negara(Himbara).

Untuk mengatasi kondisi yang menimpa Bulog, dirinya sudah melakukan rapat terbatas bersama pihak terkait, seperti Menteri Sosial dan Menteri ESDM untuk mencari solusi terbaik.

“Sesuai dengan solusi Perppu, maka sekarang inventory akan digelontorkan sebagai bansos langsung kepada rakyat,” demikian Erick Thohir.(Fahad Hasan&DBS) 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini