spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Erdogan Putus Hubungan Diplomatik dengan Yunani, Gara-gara Jet Tempur

KNews – Erdogan putus hubungan diplomatik dengan Yunani, gara-gara jet tempur. Turki akan memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Yunani.

Hal tersebut menjadi antiklimaks dari pembicaraan yang sempat terhenti pada tahun lalu terkait selisih paham antarkedua negara di wilayah Mediterania.

- Advertisement -

Mengutip Reuters, Rabu (1/6/2022), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pembicaraan itu hanya membuat sedikit kemajuan. Adapun, pada pekan lalu Erdogan menyatakan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis “tidak ada lagi” untuknya.

Perlu diketahui, Turki dan Yunani sejatinya sama-sama anggota NATO. Namun, kedua negara telah lama berselisih terkait sejumlah masalah seperti batas laut, luas landas kontinen, wilayah udara, dan Siprus yang terpecah secara etnis.

- Advertisement -

Terkait NATO, Turki pun tengah menjadi pusat perhatian karena dengan tegas menolak rencana keanggotaan Finlandia dan Swedia.

Erdogan menyatakan Turki belum menerima proposal konkret untuk mengatasi kekhawatirannya atas tawaran keanggotaan NATO di Finlandia dan Swedia.

- Advertisement -

Adapun Ankara menjelaskan penolakan itu karena Finlandia dan Swedia mendukung kelompok yang dianggap teroris.

Berbicara di parlemen, Erdogan mengatakan Turki ingin melihat pendekatan “tulus” dari kedua negara Nordik mengenai keprihatinannya, menambahkan bahwa Ankara tidak akan mengubah pandangannya kecuali jika melihat langkah-langkah konkret dan mengikat.

Dia juga mengatakan keberatan Turki terhadap tawaran keanggotaan Stockholm dan Helsinki bukanlah “oportunisme” melainkan masalah keamanan nasional. (RKZ/ljc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini