spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Enam Fokus Pembangunan Pemerintah di 2021

KNews.id- Dampak pandemi menyebabkan tekanan bagi perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan, sebagai langkah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, ada enam fokus pembangunan yang akan dilakukan pemerintah di 2021.

Menurut Suharso, fokus pertama dan yang paling penting adalah pemulihan sektor industri, pariwisata, dan investasi. Karena, khususnya industri dan pariwisata adalah sektor yang paling terdampak akibat pandemi, hal ini tercermin dari pengurangan jam kerja.

- Advertisement -

“Bahkan BPS (Badan Pusat Statistik) kemarin melaporkan ada sekitar 24 juta pekerja yang jam kerjanya berkurang. Inilah yang menjelaskan bahwa daya beli konsumsi di masyarakat menurun,” ujarnya dalam Konferensi Pers Bappenas secara virtual, Senin, 28 Desember 2020.

Kedua, lanjutnya, fokus penguatan sistem kekuatan pangan, termasuk program food estate. Lalu, reformasi sistem kesehatan nasional, termasuk menambah rumah sakit (RS) rujukan nasional. Keempat, reformasi perlindungan sistem sosial, termasuk memperbaiki social registry.

- Advertisement -

“Kemudian reformasi sistem ketahanan bencana, di mana memasukan bencana alam ke dalam sistem ketahanan bencana. Kemudian, tentu adalah penguatan SDM (sumber daya manusia) melalui pendidikan dan pelatihan vokasi,” tegas Suharso. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini