spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Empat Tips Hadapi Arus Balik agar Aman dan Nyaman di Perjalanan

KNews.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memprediksi puncak arus balik pasca libur lebaran Idulfitri 2023 akan terjadi pada 24 hingga 25 April, di mana esok hari (26/4) sebagian besar masyarakat pekerja formal sudah akan kembali bekerja seperti biasa.

Oleh karena itu, Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus balik untuk menghindari puncak arus balik tersebut.

- Advertisement -

“Hari ini dan besok diprediksi akan menjadi puncak arus balik. Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar menghindari puncak arus balik pertama pada 24-25 April dan puncak arus balik kedua pada 30 April-1 Mei untuk menghindari kepadatan,” ucap Adita dalam keterangan resmi dikutip, 25 April.

Meski begitu, Asuransi Astra telah memberikan beberapa tips berkendara bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan arus balik agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan, setelah menikmati libur lebaran dan cuti bersama Idulfitri 2023.

- Advertisement -

Adapun, beberapa tips tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan mental yang kuat, arus balik seringkali dapat memakan waktu yang lama dan membuat perjalanan menjadi melelahkan. Oleh karena itu, siapkan mental Anda sebelum memulai perjalanan. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan sehingga dapat tetap merasa tenang dan rileks.
  • Pilih hari kepulangan yang tepat, bila memungkinkan, pilihlah hari kepulangan yang tidak berada pada puncak arus balik. Anda dapat pulang lebih awal sebelum arus balik benar-benar dimulai. Dengan pulang lebih awal, Anda dapat menghindari kemacetan.
  • Gunakan GPS navigasi terupdate, pastikan GPS navigasi yang digunakan selalu terbaru dan terupdate agar informasi yang diperoleh mengenai kondisi lalu lintas lebih akurat. Pilihlah jalur yang lebih lenggang sehingga perjalanan tidak melelahkan.
  • Patuhi aturan lalu lintas dan lakukan teknik mengemudi defensif, patuhi aturan lalu lintas, jangan menyalip dari jalur yang tidak diizinkan, selalu gunakan lampu sein ketika akan berbelok atau berpindah jalur, dan jangan memotong jalur kendaraan lain, serta jangan lupa untuk menerapkan teknik mengemudi defensif untuk menghindari situasi berbahaya dan mengurangi risiko kecelakaan selama perjalanan.

Sebagai informasi, Asuransi Astra telah menyiapkan Garda Siaga untuk keadaan darurat di jalan yang tersedia dalam 24 jam melalui call Garda Akses 1 500 112, dan diberikan gratis bagi pelanggan Garda Oto. (Hfz/IBN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini