spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Empat Alasan Betapa Pentingnya Masjid al-Aqsa bagi Israel

KNews.id – Masjid al-Aqsa merupakan salah satu situs tersuci Islam, juga situs suci bagi Yahudi. Bagi umat Islam, Masjid Al-Aqsa adalah tempat yang memiliki signifikansi agama yang tinggi karena menjadi tempat Nabi Muhammad SAW melakukan Isra Mikraj. Dalam keyakinan Yahudi, situs kompleks Masjid al-Aqsa mereka yakini sebagai tempat berdirinya Kuil Pertama dan Kuil Kedua. Bagi komunitas Yahudi, situs ini disebut sebagai “Bait Suci” atau “Temple Mount”. Masjid al-Aqsa di Kota Lama Yerusalem.

Meski menjadi situs suci, tempat tersebut sudah dikenal sebagai titik nyala konflik antara komunitas Muslim Palestina dengan pemukim Yahudi Israel.

- Advertisement -

4 Alasan Betapa Pentingnya Masjid al-Aqsa bagi Israel

1. Alasan Politik Yerusalem adalah pusat konflik Israel-Palestina, dan Masjid al-Aqsa terletak di lingkungan yang sangat sensitif di Kota Lama Yerusalem. Kepentingan politik yang kuat terkait dengan situs ini adalah faktor penting dalam konflik antara Israel dan Palestina.

- Advertisement -

2. Alasan Identitas Nasional dan Sejarah Masjid al-Aqsa adalah salah satu situs suci paling bersejarah dalam Islam, dan banyak Muslim di seluruh dunia merasa hubungan emosional dan religius yang kuat dengannya. Namun, ia juga menjadi situs suci bagi Yahudi dan menjadi elemen penting dalam konflik Israel-Palestina yang melibatkan isu identitas nasional dan sejarah.

3. Alasan Kontrol atas Yerusalem Yerusalem, termasuk situs Masjid al-Aqsa, adalah sumber ketegangan dalam konflik Israel-Palestina. Israel mengeklaim kedaulatan atas seluruh Kota Lama Yerusalem, sementara Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka. Lantaran merasa sebagai bagian dari ibu kotanya, Israel ingin mengontrol penuh situs Masjid al-Aqsa. Namun, itu dianggap oleh banyak pihak sebagai tindakan provokatif dan sumber ketegangan.

- Advertisement -

4. Alasan Keamanan Nasional Israel menganggap kontrol terhadap Masjid al-Aqsa sebagai langkah yang penting untuk menjaga keamanan nasional mereka. Situs ini telah menjadi sumber konflik dan kekerasan dalam sejarah, dan upaya untuk mengamankan dan mengendalikan akses ke masjid ini adalah bagian dari strategi keamanan Israel.  (Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini