spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Emak-emak Menjerit Harga Bahan Pokok Naik Menjelang Masuk Ramadan 2022

KNews.id- Sejumlah bahan pokok di pasar tradisional mengalami lonjakan harga. Kenaikan harga ini membuat para ibu-ibu mengeluh, apalagi lonjakan harga ini berbarengan dengan momen bulan puasa.

Dwi (35) seorang ibu rumah tangga yang juga menjual kue kering, mengeluhkan harga bahan pokok yang terus naik. Tidak hanya minyak goreng, tapi juga harga gula pasir yang kini dibanderol menjadi Rp15 ribu di pasar tradisional.

- Advertisement -

“Memprihatinkan, setiap menjelang Ramadan harga bahan pokok selalu naik, kita berharap problem atas naiknya harga sembako sebaiknya jangan terjadi di momen menjelang puasa seperti ini,” kata Dwi, Sabtu (2/4).

Keluhan serupa juga diungkapkan Titie (37) yang mengaku berat dengan kenaikan harga bahan pokok saat ini.

- Advertisement -

“Tentu berpengaruh sekali, apalagi itu termasuk kebutuhan pokok. Apalagi untuk para pedagang makanan, harus mengimbangi. Terlalu tinggi untuk kenaikan harga minyak goreng dilihat dari Indonesia penghasil kelapa sawit,” ucapnya.

Titie juga menambahkan kenaikan bahan pokok lainnya seperti cabai, ayam juga menambah beban keuangan dalam rumah tangga.

- Advertisement -

“Untuk ibu rumah tangga khususnya harus menyiasati bahan-bahan pokok,” imbuhnya.

Nailul (30) juga mengeluhkan hal yang sama. Namun, dia mengaku masih bisa menyiasati kenaikan harga-harga pangan tersebut.

“Jadi, kalau aku pribadi dan keluarga meski harga sembako naik semua, Alhamdulillah masih bisa beli. Jujur berdampak sih, tapi masih bisa kami siasatin, atur strategi. Misal beli ke tempat yang banyak promonya. Jadi kami belanja setiap bulan gak selalu merek yang sama, tergantung merek yang promo apa,” kata Nailul.

Sementara itu, pantauan CNNIndonesia.com di pasar tradisional Parung, Kabupaten Bogor harga gula pasir dipatok mulai dari Rp14.500 hingga Rp15 ribu per kilo.

Harga bawang merah dijual sebesar Rp38 ribu per kilo. Sedangkan bawang putih sebesar Rp36 ribu per kilo. Harga daging ayam dijual Rp40 ribu per kilo atau Rp60 ribu per ekor.

Sementara itu, harga beras relatif stabil di mana komoditas tersebut dijual di kisaran Rp8 ribu hingga Rp9 ribu per liter tergantung dengan jenis berasnya. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini