spot_img
Selasa, Mei 21, 2024
spot_img

Elite KIM Dorong Demokrat Masuk Kabinet Jokowi

KNews.id – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui partainya didorong oleh sejumlah elit Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk masuk dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
AHY mengatakan dorongan itu terutama disampaikan usai Partai Demokrat kini resmi mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

“Memang ada pemikiran, ada pandangan dari para pimpinan partai politik KIM, yang juga menjadi bagian dari koalisi pemerintahan saat ini, ada Gerindra, Golkar, PAN, bahwa ada baiknya kalau Partai Demokrat yang kini sudah bergabung dalam KIM, bergabung dengan koalisi pemerintahan,” kata AHY lewat keterangan video yang dirilis DPP Demokrat.

- Advertisement -

Pernyataan itu disampaikan AHY dalam pidato pengarahannya di rapat pleno pengurus pusat Partai Demokrat. Namun, pada kesempatan itu AHY tak menjawab tegas apakah partainya akan menerima tawaran tersebut.

“Ini pandangan, juga harapan, dari sejumlah kalangan, terutama tadi para pemimpin dan elit partai sahabat yang saat ini dalam pemerintahan, yang saat ini sudah menjadi bagian dalam KIM,” kata AHY.

- Advertisement -

Dia hanya menyampaikan urusan posisi menteri, termasuk agar Partai Demokrat masuk dalam kabinet, sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Kita ini mengerti etika dan juga mengerti aturan. Kalau urusan bicara kabinet, koalisi pemerintahan, ya tentu semua itu menjadi hak prerogatif dari presiden,” ucap dia.

- Advertisement -

Namun begitu, AHY membantah bahwa dorongan agar Partai Demokrat masuk di kabinet turut dibahas dalam pertemuan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Jokowi pada 3 Oktober lalu.

“Yang pasti tidak benar, saya ulangi, yang pasti tidak benar, kalau pertemuan itu berbicara tentang semacam tukar guling, bahwa jika kita mendukung cawapres tertentu, maka Demokrat akan mendapat jatah menteri,” ucap dia.  (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini