spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Ekonomi Kuartal II Diproyeksikan Tumbuh sebesar Lima Persen

KNews – Ekonomi kuartal II diproyeksikan tumbuh sebesar 5 persen. Terkait momentum lebaran dan pelonggaran PPKM di Indonesia, Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira menproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II berada di kisaran angka 4,5 sampai dengan 5% secara year to year (yoy).

Bhima juga mengungkapkan hal tersebut sangat dipengaruhi momentum lebaran yang diikuti dengan adanya pelonggaran mobilitas masyarakat di hari raya tersebut.

- Advertisement -

Pemerintah bahkan juga menekankan tidak akan melakukan penyekatan untuk masyarakat yang hendak melakukan mudik jalur darat.

Namun demikian proyeksi angka tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang pertumbuhannya mencapai 7,07%.

- Advertisement -

“Kalau di Q2 tahun sebelumnya bisa 7% karena low base effect,” ujar Bhima kepada MNC Portal, Minggu (17/4/2022).

Low base effect sendiri merupakan kecenderungan perubahan nilai absolut yang kecil pada kondisi awal yang “sangat” rendah sehingga diterjemahkan ke dalam bentuk perubahan persentase yang besar.

- Advertisement -

Seperti diketahui pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun 2020 tercatat -5,32%.

Sehingga menurut Bhima jika dari periode sebelumnya berada di 7,07% dan diproyeksikan pada kuartal II tahun ini akan tumbuh hingga 5% sudah tergolong cukup bagus.

“Tapi kalau dari 7% bisa naik jadi 5% itu sudah bagus sekali karrna basisnya 7% tahun lalu,” sambung Bhima.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menambahkan tidak adanya penyekatan pada mudik lebaran tahun ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional.

“Saya kira begitu, emerintah nampaknya juga merencanakan memanfaatkan momentum lebaran untuj mengejar pertumbuhan ekonomi, walaupun pemulihan ekonomi sendiri sangat bergantung faktor pandemi dan juga faktor global,” pungkasnya. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini