spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Ekonomi dapat Pulih Awal Tahun tapi…

KNews.id- Indonesia Health Economic Association optimis perekonomian bisa kembali seperti sedia kala apabila target vaksinasi tercapai pada 2021. Target tersebut adalah kekebalan kelompok yang tercipta jika 70% masyarakat Indonesia sudah tervaksinasi.

“Vaksinasi membutuhkan 2 dosis suntikan dengan jangka waktu minimal 14 hari. Kalau hingga akhir tahun kita bisa selesai vaksinasi seperti perkiraan Pak Presiden, awal tahun depan kita sudah bisa berkegiatan normal seperti sedia kala,” kata dr. Hasbullah Thabrany, Chairman of Indonesia Health Economic Association dalam diskusi virtual yang dikutip melalui kanal YouTube Lawan Covid 19ID.

- Advertisement -

Untuk mencapai kekebalan kelompok, pemerintah perlu memastikan setiap masyarakat mau divaksinasi. Untuk itu, Hasbullah menyarankan dua cara untuk melakukan pendekatan secara personal ke masyarakat. Cara pertama adalah dengan berkomunikasi melalui bahasa yang sederhana. Relawan-relawan penanganan COVID-19 harus mampu mengedukasi masyarakat dengan bahasa setempat.

Kemudian, cara kedua adalah dengan tokoh panutan. Pemerintah bisa menggandeng tokoh-tokoh panutan masyarakat seperti pemuka agama, kepala adat, atau tokoh masyarakat untuk divaksin. Peran role model ini akan tetap dibutuhkan sampai timbul kesadaran masyarakat soal pentingnya vaksinasi.

- Advertisement -

Kemudian, Hasbullah juga meminta seluruh pemangku kepentingan untuk menggalakkan vaksinasi. Pejabat-pejabat tingkat nasional, baik eksekutif, legislatif harus memperjuangkan vaksinasi sebagai cara yang paling efisien untuk memulihkan kesehatan, sekaligus menggerakkan ekonomi menuju rakyat yang lebih sejahtera. (Ade)

 

- Advertisement -

Sumber: IBN

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini