spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Ekonomi AS Sedang Dijurang Resesi, Ekonom Sebut Kemungkinannya Memang Besar

KNews – Ekonomi AS sedang dijurang resesi, Ekonom sebut kemungkinannya memang besar. Perekonomian Amerika Serikat (AS) sedang berada di bibir jurang resesi dimana mempertimbangkan angka inflasi yg melambung tinggi pada April 2022 mencapai 8,3 persen.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan Inflasi yang tinggi mengundang The Fed menaikkan suku bunga acuan dan mengeringkan likuiditas.

- Advertisement -

“Suku bunga yang tinggi, likuiditas yang kering akan membuat demand terbatasi dan menurunkan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya kepada MPI, Rabu (8/6/2022).

Ia melanjutkan, pertumbuhan ekonomi AS pada triwulan 1 sudah negatif 1,4 persen yang utamanya disebabkan oleh tingginya impor di tengah menurunnya ekspor. Tetapi permintaan masih cukup terjaga.

- Advertisement -

“Apabila triwulan 2 kembali negatif maka perekonomian AS secara resmi disebut resesi. Kemungkinannya memang besar,” pungkasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan pelacak gross domestic product (GDP) milik Federal Reserve, GDPNow Fed Atlanta, menunjukan pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal II hanya 0,9 persen, sedangkan pada kuartal I-2022 ekonomi AS hanya tumbuh 1,5 persen.

- Advertisement -

Federal Reserve juga memprediksi pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal II-2022 menurun.

Sedangkan Kepala ekonom di perusahaan konsultan RSM, Joseph Brusuelas turut memprediksi ekonomi AS akan melambat dan hanya bisa tumbuh 1,8 persen. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini