spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Indonesia tidak Mendukung Ukraina?

KNews.id- Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengeluhkan sikap pemerintah Indonesia kepada Ukraina. Kok pemerintah Indonesia tidak dukung Ukraina yang diserang Ukraina.

Padahal dulu Ukraina dukung Indonesia lho saat diagresi oleh Belanda. Bukan itu saja dulu Ukraina dukung kemerdekaan Indonesia di PBB.

- Advertisement -

Nah ternyata Ukraina dulu dengan sekarang itu berbeda. Dulu memang Ukraina dukung kemerdekaan Indonesia, tapi ternyata kini Ukraina itu bela Israel dan ogah dukung Palestina, yang dibela mati-matian oleh Indonesia.

Kenapa Indonesia tak Mendukung Ukraina

- Advertisement -

Ikhwal perbincangan Ukraina dukung Indonesia ini mengemuka belakangan ini. Konteksnya sekarang Ukraina kan sedang cari dukungan negara dunia, karena diserang Rusia. Tapi Indonesia nggak tegas dukung Rusia dan kecam Rusia.

Nah ternyata dulu nih, saat Rusia invasi wilayah Ukraina pada 2014, sikap Indonesia juga dipertanyakan lho. Belakangan, ada jejak digital yang menunjukkan sebuah akun Facebook Wahyu Susilo mempertanyakan kenapa Indonesia tidak dukung Ukraina sih saat negeri ini diinvasi Rusia pada 2014.

- Advertisement -

Akun itu menunjukkan foto lawas pawai rakyat Indonesia berterima kasih kepada Ukraina yang dukung Indonesia dari agresi Belanda.

“Dulu saat Republik Indonesia diagresi Belanda, Ukraina dukung kemerdekaan RI di DK PBB, sekarang Ukraina sedang dalam bahaya, kok RI nggak berbuat apa-apa,” tulis akun Wahyu Susilo, pada 2014 silam.

Nah tangkapan layar postingan lawas itu muncul dan viral belakangan ini.

Ukraina Dulu dan sekarang Itu Beda

Nah politikus PDIP, Budiman Sudjatmiko komentar lah soal postingan lawas ‘Ukraina dulu dukung Indonesia, kenapa sekarang Indonesia tak dukung Ukraina’ itu.

Budiman mengatakan, Ukraina dulu dengan sekarang itu sudah berbeda rezimnya dan beda haluan politiknya lho. Jadi Budiman menginformasikan Ukraina sekarang itu dukung Israel lho.

“Ukraina yang dulu mendukung kemerdekaan Indonesia BERBEDA haluan politik dgn Ukraina yang sekarang. Ukraina yang sekarang mendukung Israel mengokupasi Palestina,” cuit Budiman di aku media sosialnya.

Biar kalian tahu ya, Budiman menjelaskan Ukraina dulu bagian dari Uni Soviet. Jadi Uni Soviet itu punya 3 kursi di PBB yaitu Uni Soviet, Soviet Ukraina dan Soviet Belarusia.

Kenapa Uni Soviet punya tiga kursi, karena itu sebagai apresiasi atas pengorbanan besar Uni Soviet melawan Nazi yang membunuh total 27 juta jiwa di Eropa.

Tapi sekarang Ukraina itu beda, kata Budiman. “Ukraina sekarang MEMUSUHI MASA LALUNYA,” tegas Budiman.

Nah meski Ukraina saat ini itu kawannya Israel, Budiman tak lantas mendukung Rusia invasi Ukraina. Nggak gitu juga lah.

“Saya tak benarkan masuknya Rusia ke Ukraina. tarik pasukan Rusia, dan Ukraina jangan masuk NATO,” tulis Budiman bersikap soal Rusia vs Ukraina.

Nah begitu Sobat Hopers, kalian jadi paham kan petanya kenapa Ukraina dulu bela Indonesia sekarang Indonesia bersikap taks sebaliknya ke Ukraina. Tulisan komentarmu ya di bawah. (AHM/hop)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini