spot_img

Dukungan BRI Antar Usaha Lokal Perhiasan Batu Alam Jangkau Pasar Internasional

KNews.id – Jakarta Terinspirasi dari tren batu akik yang viral pada 2017, Helena Virgawati melihat adanya potensi bisnis di bidang perhiasan. Perjalanan Helena pun semakin kuat setelahmendapat dukungan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang hadir melalui sejumlah program pemberdayaan.

Di awal usahanya, Helena menghadapi tantangan besar yang mengubah persepsi bahwa batu akik yang selama ini identikdengan aksesori pria, kini bisa tampil elegan sebagaiperhiasan untuk perempuan. Dari keyakinan itulah, iamendirikan “Bening by Helena”, sebuah brand perhiasandengan desain unik berbahan batu alam khusus untuk wanita.

- Advertisement -

Seiring dengan skala bisnis yang terus meningkat, selainmenawarkan keindahan dan keunikan batu alam, Helena pun konsisten mendukung gerakan zero waste denganmenciptakan aksesori dari kantong kresek bekas dan sisaperca kulit yang diolah menjadi bros. Kemudian, Helena terusberinovasi dengan menghadirkan wire jewelry, yaituperhiasan berbahan dasar kawat atau tembaga yang dirangkaidengan teknik tertentu, misalnya rajut.

Menurutnya, teknik rajut kawat masih jarang digarap oleh crafter lain, sehingga ini menjadi nilai tambah bagiproduknya. Mulai dari kalung, gelang, cincin, bros, hinggaanting, semuanya dibuat dengan tangan secara teliti.

- Advertisement -

Selain produk yang sudah ada, Bening by Helena juga melayani pesanan khusus seperti tusuk konde dan tali masker. Desain yang fleksibel membuat Bening by Helena bukanhanya pembuat aksesori, tapi juga tempat bagi pelangganuntuk menyalurkan ide dan kreativitas mereka.

Helena juga bercerita, kesuksesan Bening by Helena tentutidak datang begitu saja. Sejak 2018, Helena aktif mengikutipelatihan dan pendampingan dari Rumah BUMN BRI Bandung. Program ini memberikan berbagai pelatihan mulaidari pengembangan keterampilan, manajemen bisnis, hinggapengelolaan keuangan. “Setelah mendapat pelatihan, saya jadilebih paham bagaimana mengelola arus kas,” kata Helena.

Dukungan lain yang didapat dari BRI pun kian membukapeluang bagi Helena untuk memperluas pasarnya. Puncaknya, Bening by Helena menjadi salah satu dari 1.000 UMKM unggulan yang berhasil lolos kurasi untuk berpartisipasidalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Bagi Helena, acara seperti ini penting untuk usaha kecil seperti usahanya agar bisa berkembang dan kelak go internasional.

“BRI benar-benar memfasilitasi kami untuk memperkenalkanproduk ke masyarakat. Event ini juga menjadi ajang bertemudengan UMKM lainnya, membuka peluang kolaborasi, dan mendapatkan mentoring dari pelatihan-pelatihan yang diadakan,” jelas dia.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Corporate SecretaryBRI Agustya Hendy Bernadi pun mengungkapkan bahwa BRIsebagai bank yang memiliki komitmen kuat terhadappemberdayaan UMKM secara konsisten hadir memberikanakses pembiayaan, pendampingan, dan berbagai solusi yang dibutuhkan pelaku usaha untuk terus bertumbuh dan naik kelas.

“Kami percaya bahwa UMKM adalah tulang punggungperekonomian nasional. Dukungan kami tidak hanya dalambentuk finansial, tetapi juga berupa program pemberdayaansecara terintegrasi agar pengusaha UMKM dapat tumbuhsecara berkelanjutan,” ujarnya.

- Advertisement -

(NS/BRI)

Berita Lainnya

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti
- Advertisement -spot_img

Terkini