spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Dukung Bisnis Diaspora, BNI Biayai Kampung Kita di Hong Kong

 

KNews.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali menyalurkan fasilitas kredit kepada diaspora wiraswasta di luar negeri. Kali ini diaspora loan diberikan kepada Kampung Kita, yang merupakan jaringan toko barang-barang Indonesia di Hong Kong.

- Advertisement -

Penyaluran diaspora loan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur Network & Services BNI Ronny Venir kepada Pemilik Kampung Kita Phang Tjhung Phin di acara Edukasi Keuangan Bagi Diaspora dan Pekerja Migran Indonesia di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong.

Upacara penyerahan kredit tersebut turut disaksikan oleh Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong Yul Edison dan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi.

- Advertisement -

Ronny Venir mengatakan penyaluran fasilitas berupa Diaspora Loan sekaligus upaya dalam menjalankan mandat sebagai bank BUMN yang Go Global. Menurutnya BNI cabang Hong Kong telah mengantongi full branch license, sehingga dapat memberikan layanan perbankan bagi nasabah korporasi hingga nasabah ritel, termasuk diaspora pengusaha.

“Peran kantor BNI di luar negeri sangatlah penting, karena menjadi jembatan bisnis antara Indonesia dan dunia. Kampung Kita merupakan bukti di mana produk-produk Indonesia dapat menembus pasar luar negeri. Tentunya BNI akan terus mendukung ekspansi bisnis Kampung Kita dan bisnis-bisnis diaspora lainnya,” ujar Ronny dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/2/2024).

- Advertisement -

Pihaknya melihat ada potensi besar dari para diaspora yang melakukan bisnis di luar negeri. Karena itu, BNI menginisiasi diaspora loan untuk memberikan dukungan pembiayaan terhadap Indonesia-Related business yang dijalankan oleh diaspora.

“Diaspora Loan ini merupakan salah satu langkah BNI dalam menggali potensi bisnis, baik itu dari luar negeri ke Indonesia maupun dari Indonesia ke luar negeri,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kampung Kita telah beroperasi sejak tahun 2013. Kehadirannya membantu para diaspora Indonesia untuk mendapatkan produk-produk, khususnya makanan yang berasal dari Indonesia. Hingga saat ini, Kampung Kita telah memiliki sebanyak 7 jaringan toko di Hong Kong.

Sementara itu, Yul Edison mengapresiasi peran aktif BNI dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnis diaspora di luar negeri, khususnya di Hong Kong.

“BNI telah menjadi mitra strategis dari KJRI Hong Kong untuk meningkatkan kesejahteraan Warga Negara Indonesia yang ada di luar negeri. Saya berharap penyaluran diaspora loan BNI ini juga dapat berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Yul Edison.
(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini