spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Dua Sisi Inflasi: Inflasi Oktober di AS Mungkin Jauh di Bawah Estimasi

Oleh: Edhi Pranasidhi, Pengamat Pasal Modal

KNews.id- Pekan ini mungkin akan menjadi pekan yang paling mendebarkan menjelang pengumuman data inflasi untuk bulan Oktober di AS. Untuk sementara sejumlah ekonom Dunia terkemuka bersepakat bahwa inflasi tahunan di bulan Oktober akan naik menjadi antara 8,0-8,1% atau melemah dari 8,2% di bulan September.

- Advertisement -

Namun, ternyata, jika melihat perkembangan angka unadjusted index (index yang tidak disesuaikan yang jadi acuan penghitungan angka inflasi) sejak awal tahun yang bergerak Naik turun antara angka 1,605 poin dan 4,015 poin seperti yang tergambar dibawah ini:

Januari: 2,346

- Advertisement -

Februari: 2,568

March: 3,788

- Advertisement -

April: 1,605

Mei: 3,187

Juni: 4,015

Juli: (0.035)

Agustus: (0.015)

September: 0.637

Rata-rata Juli ke September: 0,166

Kalau kita menggunakan angka rata rata kenaikan index 0,166 di bulan Oktober, maka inflasi tahunan di AS diperkirakan akan menjadi sekitaran 7,4%. Kalau menggunakan kenaikan 1,0 poin, maka inflasi tahunan di bulan Oktober diperkirakan akan menjadi 7,7%. Angka 7,7% masih lebih rendah dari estimates para ekonom.

Penurunan inflasi yang sangat drastis (jika sampai ke angka 7,3-7,4%) tentunya akan sangat mengejutkan pasar karena itu artinya bisa saja bahwa daya beli masyarakat amrik sudah berkurang banyak yang ujungnya adalah akan adanya penurunan pendapatan korporasi…. dan ujungnya lagi tentunya akan ada penurunan laba bersih. Serba salah ya? .

Inflasi terlalu tinggi gak bagus, turun terlalu banyak atau tajam ya gak bagus juga…

Perhitungan inflasi Oktober di amrik diatas menggunakan perhitungan kasar ya…tapi jika terjadi bisa saja membuat pasar agak terguncang untuk kemudian kembali optimis Karena itu artinya bisa aja memaksa the fed untuk tidak menaikkan suku bunga diatas 5% vs sekarang 3,75-4,00%. (Baca tulisan tentang seberapa tinggi the fed akan naikkan suku bunga).

So, sampai Kamis 10 November mendatang, hari dimana inflasi Oktober akan diumumkan, volatilitas masih akan sangat tinggi dipasar global…. IHSG? tenang ajalah, asing masih demen kok sama Indonesia….(AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini