spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Dua Kapal Perang AS Latihan di Dekat LCS, Pertanda Apakah?

KNews.id- Dua kapal induk milik Amerika Serikat (AS) mulai latihan bersama di Laut Filipina, Ahad (28/6) waktu setempat. Latihan itu dimulai sehari setelah para pemimpin Asia Tenggara menentang klaim China atas seluruh wilayah Laut China Selatan dengan alasan historis.

ASEAN memaparkan pernyataan yang dikeluarkan oleh Vietnam mewakili 10 negara anggota bahwa Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) tahun 1982 harus menjadi dasar dari hak kedaulatan di wilayah jalur air yang disengketakan.

“Kami menegaskan kembali bahwa UNCLOS 1982 adalah dasar untuk menentukan hak maritim, hak berdaulat, yurisdiksi, dan kepentingan sah atas zona maritim,” kata pernyataan ASEAN pada Sabtu (27/6).

Kapal USS Nimitz dan USS Ronald Reagan Carrier Strike Groups sendiri memulai latihan pada Ahad (28/6) untuk meningkatkan komitmen responsif, fleksibel, dan abadi” AS sebagai perjanjian pertahanan timbal balik dengan sekutu dan mitra di Indo-Pasifik. Demikian pernyataan Angkatan Laut AS.

Latihan itu dilakukan tepat seminggu setelah Nimitz dan operator lain, USS Theodore Roosevelt, melakukan operasi bersama mereka di daerah yang sama. Ini merupakan peristiwa langka. Sebab, sangat jarang tiga kapal induk AS beroperasi pada saat yang sama di wilayah Pasifik Barat.

“Kami secara agresif mencari setiap peluang untuk memajukan dan memperkuat kemampuan dan kecakapan kami dalam melakukan semua operasi perang domain,” kata Laksamana Muda George Wikoff selaku komandan Carrier Strike Group 5, dikutip dari Japan Times. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini