spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

DPP PKS Tegaskan Beri Prioritas Kader Internal Ketimbang Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

KNews.id –  Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera atau PKS menyatakan bakal memberikan tiket prioritas bagi kader internal untuk maju di palagan pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta. Koordinator juru bicara PKS, Ahmad Mabruri, mengatakan Presiden PKS, Ahmas Syaikhu sebelumnya, telah menyatakan akan berupaya mengusung kader internal dalam kontestasi elektoral tingkat daerah ini.

“Jadi kalau PKS Jakarta mengusulkan Anies Baswedan, itu belum tentu akan disetujui DPP,” kata Mabruri kepada Tempo, Senin, 27 Mei 2024.

- Advertisement -

Pun, Mabruri mengatakan, PKS memiliki sejumlah nama potensial yang masih digodok untuk diusung di Pilkada Jakarta nanti. Misalnya dari unsur kader internal, ada nama mantan Presiden PKS, Muhammad Shohibul Iman yang potensial. “Nama di luar kader ada, namun masih menunggu dinamika yang terjadi,” ujar Mabruri.

Mengenai rapat penentuan kandidat, Mabruri melanjutkan, rapat tersebut memang telah dilaksanakan oleh internal PKS. Namun, belum ada keputusan mutlak ihwal siapa figur yang bakal diusung di palagan Pilkada Jakarta. “Termasuk koalisi, semua masih menunggu perkembangan dan komunikasi politik antar partai dan calon,” ucapnya.

- Advertisement -

Kamis lalu kepada Tempo, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jakarta, Khoirudin, mengatakan PKS memutuskan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur dalam pilkada Jakarta 2024.

Khoirudin mengungkapkan, keputusan ini muncul setelah rapat Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah. Dalam rapat itu, dewan sepakat mencalonkan Anies sebagai calon gubernur. Khoirudin mengatakan hasil rapat tersebut sudah dilaporkan ke Dewan Pimpinan Pusat PKS.

- Advertisement -

“Bahwa calon Gubernur dari PKS adalah Anies Rasyid Baswedan. Juga beliau inkumben dan sampai hari ini belum ada perubahan,” kata Khoirudin.

Khoirudin mengatakan, keputusan PKS mencalonkan Anies setelah penjajakan dengan mitra Koalisi Perubahan di Pilpres 2024, yakni NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa. Kendati demikian, Khoirudin belum mengungkapkan siapa pendamping Anies nantinya.

Adapun sebelumnya, Partai NasDem menginginkan Anies kembali maju. Bahkan, NasDem menyebut nama Anies menjadi prioritas di antara segelintir nama yang disiapkan NasDem dalam bursa Pilkada Jakarta.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem Willy Aditya, mengatakan Anies merupakan kandidat unggulan yang diusung Nasdem sebagai bakal calon gubernur atau Cagub DKI dalam Pilkada 2024. Dia menyampaikan bahwa tawaran itu datang langsung dari ketua umum Nasdem, Surya Paloh. “Dia (Anies Baswedan) prioritas, Mas Anies top priority,” kata Willy.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini