spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Dokter Umum Dibayar Rp1000 per Pasien BPJS, Apa Respon Menkes?

KNews.id – FAKTA besaran upah bayaran para dokter umum di Indonesia, yang bisa hanya dibayar Rp1000 per pasien BPJS rawat jalan baru saja terungkap kepada publik.

Informasi soal minimnya upah tenaga dokter tersebut, diketahui diungkap oleh dr. Makhyan Jibril Al-Farabi, MSc M.Biomed, anggota Junior Doctor Network (JDN) Indonesia dalam forum online baru-baru ini.

- Advertisement -

Dalam pernyataannya, dr. Makhyan mengungkap masih begitu banyak dokter umum di Indonesia yang gajinya di bawah standar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang mana, jika mengacu pada Undang-Undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran yaitu Kendali Mutu dan Kendali Biaya, per 2014 idealnya gaji dokter umum ada di angka Rp12,5 juta hingga Rp15 juta per bulannya.

Informasi soal kecilnya upah bayaran tenaga dokter umum di Indonesia ini pun sampai ke telinga Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Menkes mengatakan, ia menyadari faktanya di lapangan memang penghasilan para dokter itu belum merata.

- Advertisement -

“Saya sadar bahwa pendapatan dokter itu belum merata,” ujar Menkes dalam gelaran forum online, dikutip Rabu (12/4).

“Saya enggak bilang kecil, kenapa? Karena ada (penghasilan dokter) yang sangat besar sekali,” tambahnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Menkes mencoba menganalogikan perbandingannya dengan gaji dari beberapa profesi khusus lain. Ia menegaskan, ia menyebut penghasilan dokter tidaklah kecil tapi masalahnya adalah tidak merata.

“(Kenapa) saya tidak bilang kecil? Karena, saya coba bandingkan dengan profesi lain, insinyur, akuntan, arsitek. Saya enggak bilang kecil, tapi saya bilang sangat tidak merata dan jujur saya lihat ekspektasinya mungkin lebih tinggi dibanding profesi lain,” papar Menkes Budi.

“Jadi, dokter-dokter itu punya ekspektasi, minimal penghasilan mereka lebih tinggi,” pungkasnya. (Hfz/HOZ)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini