spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Dokter Imbau Perkuat Kesehatan Tulang di Masa Tua dengan Konsumsi Protein

 

KNews.id –  Pentingnya memerhatikan asupan protein untuk tulang, agar di masa tua kesehatan tetap terjaga. Salah satu yang penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang adalah vitamin D dan mengonsumsi protein.

- Advertisement -

Dilansir dari laman Well and Good, bahwa asupan protein sangat berkontribusi besar terhadap struktur kesehatan tulang, baik sejak masih muda maupun di usia senja.

“Protein berkontribusi besar terhadap struktur tulang dan protein, serta olahraga berjalan guna membantu menjaga tulang seiring bertambahnya usia,” kata ahli diet terdaftar klinis di Memorial Hermann di Houston, Texas, Sarah Wagner MPH RD LD.

- Advertisement -

Ia menjelaskan, kombinasi antara diet dan olahraga angkat beban dapat meningkatkan massa otot serta kepadatan tulang, sehingga kecil kemungkinan terjadinya patah tulang. Wagner melanjutkan, kandungan protein, kalsium dan vitamin D juga saling membantu dalam beberapa hal, termasuk memperkuat struktur tulang.

Ia menjelaskan, kandungan kalsium adalah mineral utama yang membentuk tulang dalam struktur protein. Sementara itu, vitamin D membantu penyerapan dan penggunaan kalsium. Menurutnya, menjaga asupan protein harian sangatlah penting, terutama bagi orang lanjut usia yang cenderung tidak mengonsumsi cukup protein secara konsisten.

- Advertisement -

Sedangkan sumber protein nabati yang baik untuk tulang, antara lain tahu, kacang polong, kacang-kacangan, kacang dari biji pohon seperti hazelnut, biji gandum dan biji dari bunga seperti kuaci.

Wagner menambahkan, sayuran hijau juga mengandung mineral yang sangat penting ini untuk kesehatan tulang, seperti tahu dan kacang-kacangan yang kaya protein, menawarkan solusi terbaik untuk tulang yang kokoh.

(Zs/BS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini