spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Ditunjuk Jadi Kepala IKN, Ini Harta Kekayaan Bambang Susantono

KNews – Ditunjuk jadi kepala IKN, ini harta kekayaan Bambang Susantono. Pemerintah menunjuk Bambang Susantono sebagai Kepala IKN hingga periode 2027.

Sosok Bambang Susantono bukan orang baru dalam dunia pemerintahan, beberapa jabatan penting telah dirinya emban.

- Advertisement -

Diketahui, Bambang Susantono merintis karier saat menjadi Deputi Pembangunan di Kementerian Perekonomian.

Wakil Menteri Perhubungan merupakan salah satu jabatan yang pernah dia pegang. Dia juga turut menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan EE. Mangindaan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

- Advertisement -

Saat itu, EE. Mangindaan mundur usai terpilih menjadi anggota DPR RI. Dalam menjalankan tanggung  jawab sebagai Kepala Otorita IKN, dirinya didampingi oleh Donnya Rahajoe sebagai Wakil Kepala.

Sebagai Kepala IKN, Bambang Susantono memiliki kekayaan yang tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN).

- Advertisement -

Selain uang, tanah dan bangunan, mobil yang di garasi menjadi sorotan setiap pejabat publik, termasuk Bambang Susantono sendiri.

Dikutip Hops.ID dari laman LHKPN, tercatat jika Bambang Susantono memiliki kekayaan Rp3,168 miliar ditambah US$42 ribu.

Keterangan dalam laporan tersebut, Bambang memiliki total kekayaan dari kendaraan sebesar Rp418.500.000 yang terdiri dari 2 unit mobil, 1 unit sepeda motor dan 1 unit sepeda.

Sebagai mantan pejabat, dirinya terhitung sederhana, terlebih kendaraan yang dimiliki, yakni mobil Nissan Serena keluaran tahun 2013.

Kemudian Kepala IKN ini juga memiliki mobil Toyota Rush keluaran tahun 2010 dan 1 unit sepeda dengan nilai Rp20 juta.

Untuk tanah dan bangunan, tercatat dengan nilai rata-rata diatas Rp1 miliar. Kini setelah menjabat sebagai Kepala IKN, dirinya mulai dihadapi masalah yang ada, termasuk hengkangnya SoftBank dalam proyek pembangunan tersebut.

Meskipun hari Senin, 14 Maret 2022 ini acara seremoni perdana di titik nol lokasi IKN sedang dilaksanakan.  Semua gubernur se Indonesia hadir dengan membawa air dan tanah dari wilayah masing-masing.

Sepak terjang sebagai birokrat dan dinilai piawai dalam urusan melobi, menjadi dasar pertimbangan Jokowi memilihnya.

Bambang Susantono diharapkan mampu memimpin tahap pembangunan IKN menjadi Ibu Kota yang baru bagi Indonesia. (RKZ/hops)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini